Mohon tunggu...
Adinda Tiara Putri
Adinda Tiara Putri Mohon Tunggu...

i spill by writing

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cintai Matamu, Sayangilah Kesehatannya

19 Desember 2017   09:42 Diperbarui: 19 Desember 2017   10:01 556 0 0 Mohon Tunggu...

World Sight Day (WSD) atau Hari Penglihatan Dunia tebilang hari besar yang unik. Tanggalnya tak tetap, selalu berganti tiap tahunnya. Jika biasanya hari besar lainnya punya tanggal yang tetap tapi hari yang berubah, WSD justru jatuh setiap Kamis minggu kedua Oktober.

Pada 2017, hari besar itu jatuh pada 12 Oktober. Melansir dari CNNIndonesia, WSD awalnya digagas sama World Health Organization bersama International Agency for the Prevention of Blindness. Ini adalah sebuah event internasional yang dimaksudkan untuk menggalakkan kesadaran tentang kebutaan dan penurunan kemampuan melihat.

Untuk menjaga kesehatan mata, berikut adalah langkah-langkah yang dibagikan oleh para ahli:

Yang pertama tentu dari makanan yang kita konsumsi.

Selain mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, konsumsilah pula sejumlah makanan tertentu yang baik untuk kesehatan mata!

Ikan tuna, ikan herring, dan ikan sarden mengandung banyak omega-3 yang memberi nutrisi pada membran sel yang ada di sel saraf, termasuk retina, dan mencegah gejala awal penyakit mata yang disebabkan oleh bertambahnya usia.

Sayur dan buah pun memegang peran penting bagi kesehatan mata. Sebut saja jeruk mandarin, brokoli,wortel, jeruk clementine, danbayam. Sayuran ini mengandung banyak antioksidan serta vitamin A dan C yang membantu melindungi kornea dan mencegah katarak serta mata lelah.

Selanjutnya adalah meminimalisir durasi menatap layar monitor.

The Vision Council membeberkan, 93,3% orang Amerika menghabiskan dua jam atau lebih pada perangkat digital mereka setiap harinya, baik untuk bekerja maupun sekadar iseng bermain.

Alhasil, mata pun mengalami digital eye strain, sebuah kondisi yang menyebabkan gangguan fisik sementara setelah dua jam atau lebih bekerja di depan layar monitor.

Kebiasaan ini akan membuat matamu merah dan kering, iritasi, pandangan kabur, mata lelah, dan sakit pada leher atau kepala. Ahli pun menganjurkan untuk menyesuaikan posisi duduk saat bekerja dengan ukuran teks dan pengaturan komputer serta rehat sejenak dari menatap layar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x