Mohon tunggu...
Muh Sulaiman Dadiono
Muh Sulaiman Dadiono Mohon Tunggu... Dosen - Seseorang yang hanya mencurahkan keluh kesahnya

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Ikan Channa Pulchra, Gabus Hias Mini bagi Pemula

15 Februari 2021   20:21 Diperbarui: 15 Februari 2021   20:55 95936
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Channa Pulchra (Sumber: marulioides.com)

Di tengah kepopulerannya saat ini ikan channa atau yang lebih kita kenal sebagai ikan gabus ternyata memiliki banyak sekali jenisnya, salah satunya yang paling populer adalah ikan channa maru yang sering dipelihara oleh masyarakat kita bahkan sampai di kalangan artis dan youtuber indonesia. 

Ikan channa maru dapat ditemukan di sungai perairan sumatera dan kalimantan dengan panjang maksimal bisa sampai diatas 100 cm, karena ikan ini dapat tumbuh di atas 100 cm maka untuk pemula yang ingin memelihara ikan ini harus memperhatikan ukuran besar akuarium sebagai wadah pemeliharaannya selain itu kita juga perlu memikirkan tempatnya. 

Tapi tenang untuk pemula yang ingin mencoba memelihara ikan channa tetapi terkendala dengan wadah dan tempat ada solusi lain yaitu dengan mencoba memelihara channa kerdil atau “Dwarf Snakehead”.

Salah satu jenis ikan channa kerdil yang mudah dipelihara dan tidak membutuhkan wadah yang besar dan tempat yang luas adalah ikan “Channa pulchra”. 

Berbeda dengan ikan channa maru, ikan channa toman, ikan channa limbata atau gachua yang merupakan ikan channa asli indonesia, ikan channa pulchra ini berasal dari perairan Myanmar bagian barat. Ikan ini hanya dapat tumbuh maksimal kurang lebih 30 cm, seperti ikan channa yang lain channa pulchra dapat hidup pada kondisi perairan yang rendah kadar oksigennya berkat kemampuannya yang dapat mengambil oksigen langsung di udara.

Channa Pulchra dengan akuarium mini (Sumber: dok pribadi)
Channa Pulchra dengan akuarium mini (Sumber: dok pribadi)

Pemeliharaan channa pulchra tergolong sangat mudah, pemberian pakan bisa dilakukan sehari sekali bahkan bisa dua hari sekali. Pakan yang diberikan dapat berupa pelet, cacing sutra, cacing darah, cacing beku atau udang, ikan-ikan kecil seperti ikan cere, ikan plati dan ikan molly. Pergantian airnya dapat dilakukan seminggu sekali, jika menggunakan filter yang bagus pergantian air bisa dilakukan 2 minggu sekali atau sebulan sekali.

Terasa kurang apabila kita memelihara ikan channa pulchra ini tanpa ornamen penghias akuarium seperti tanaman air dan batu-batuan, dengan memberikan tanaman air dan batu-batuan tentu akan mempercantik akuarium kita, tapi sering sekali muncul pertanyaan apakah aman akuarium ikan channa diberikan ornamen penghias terutama tanaman air? 

Jawabannya adalah aman sekali, tidak seperti jenis ikan channa besar seperti ikan channa maru dan toman, ikan channa kerdil cenderung “bersahabat” dengan tanaman air dan tidak akan merusaknya, selain itu jenis channa kerdil terutama channa pulchra sangat membutuhkan tanaman air untuk proses bereproduksi.

Sangat disarankan bagi pemula yang ingin mencoba memelihara ikan channa untuk memulai dengan memelihara ikan channa pulchra selain keunggulan diatas ikan ini harganya sangat terjangkau. Jadi apalagi yang dikuatirkan? Silahkan mencoba dan semoga berhasil...

Oleh Muh Sulaiman Dadiono, Purwokerto 15 Februari 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun