Mohon tunggu...
Marga cindyelisa
Marga cindyelisa Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Ingin menambah yang kurang menjadi lebih

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Dampak Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak

19 September 2019   18:12 Diperbarui: 19 September 2019   18:14 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih seperti gadget saat ini memberikan efek candu yang sangat tinggi. Gadget saat ini tidak hanya digunakan oleh orang-orang dewasa tetapi anak-anak pun juga ikut menggunakannya.

Anak-anak sering menggunakan gadget untuk berbagai tujuan , biasanya digunakan untuk chat , memutar video,browsing internet dan game yang saat ini sangat digemari oleh anak-anak. 

Tetapi perlu diketahui bahwa gadget juga mempunyai dampak positif dan negative bagi penggunannya. Berdampak positif jika digunakaan dengan untuk hal-hal positif seperti dibuat untuk tambahan referensi atau media untuk belajar , tetapi itu semua bisa berlawanan atau berdampak negative jika pengguna gadget tidak bisa mengatur waktu. 

Dan peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu meminimalisir dampak negative. Misal peran orang tua seperti membuat peraturan atau membatasi dalam penggunaan gadget, mendampingi  dalam penggunaan gadget dan lain-lain..

Mengapa dalam pengguanaan gadget harus diberikan batasan waktu?? Karena anak-anak sering kali lupa dalam menggunakan gadget mereka juga tidak menghiraukan kesehatan mereka yang disebabkan oleh gadget. Misal menatap layar elektronik terus menerus itu akan membuat mata mereka rentan bermasalah seperti iritasi pada mata, selain itu tingkat kefokusan mereka juga akan berkurang.

Berikut ini dampak negatif dalam menggunakan gadget:

  1. Obesitas. Mengapa obesitas?? karena obesitas adalah kondisi medis yang diakumulasi berlebihan lemak dalam tubuh. Seringkali  anak yang suka bermain gadget cenderung malas untuk bergerak sehingga anak mempunyai potensi penyakit berbahaya lainnya.
  2. Radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik mempengaruhi syaraf-syaraf yang masih berkembang sehingga menghambat system kerja otak sehinggga akan sulit untuk konsentrasi.
  3. Social. Seringkali anak yang kecanduan gadget tidak pernah peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Asik degan dirinya sendiri dan ini tidak baik untuk dirinya sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini cara mengatasi dampak negative gadget pada anak:

  1. Membatasi waktu penggunaan gadget pada anak
  2. Sibukkan dengan kegiatan positif tanpa menggunakan gadget
  3. Jelaskan kepada anak tentang bahaya gadget.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

Dampak gadget terhadap anak-anakSeiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih seperti gadget saat ini memberikan efek candu yang sangat tinggi. Gadget saat ini tidak hanya digunakan oleh orang-orang dewasa tetapi anak-anak pun juga ikut menggunakannya.

Anak-anak sering menggunakan gadget untuk berbagai tujuan , biasanya digunakan untuk chat , memutar video,browsing internet dan game yang saat ini sangat digemari oleh anak-anak. Tetapi perlu diketahui bahwa gadget juga mempunyai dampak positif dan negative bagi penggunannya. 

Berdampak positif jika digunakaan dengan untuk hal-hal positif seperti dibuat untuk tambahan referensi atau media untuk belajar , tetapi itu semua bisa berlawanan atau berdampak negative jika pengguna gadget tidak bisa mengatur waktu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun