Mohon tunggu...
12321 12321
12321 12321 Mohon Tunggu... -

komuter tetap jakarta-jogja dengan ransel di bahu. menikmati indahnya dunia dengan kayuhan sepeda serta senyuman pada mentari pagi sepanjang sudirman-thamrin.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Segarnya Es Carica

23 Agustus 2010   07:08 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:47 558
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Berbukalah dengan yang manis. Itulah yang senantiasa yang diingatkan ketika waktu buka puasa makin dekat. Buah kurma adalah buah yang sudah jamak untuk disantap saat berbuka. Ada keinginan untuk menikmati buah lain yang manis dan pas untuk dinikmati saat berbuka. Ingin buah yang beda dari biasanya dan hanya ada di tempat-tempat tertentu. Carica (ca-ri-ca atau ka-ri-ka), nama buah unik ini. Dikenal umum sebagai pepaya gunung. Biasanya tumbuh di dataran tinggi yang basah berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Tumbuh subur di tanah Indonesia, dataran tinggi Dieng Wonosobo. Jadilah carica sebagai buah endemik dari Wonosobo. Bulan puasa kali ini tidak perlu jauh-jauh ke wonosobo untuk menikmati segelas es carica yang segar dan manis. Cukup datang ke kampung ramadhan Kauman. Di pertengahan jalan yang sempit ini terdapat penjual manis. Segelas es carica dijual dengan harga Rp 5.000 – cukup mahal memang tetapi sebanding dengan sensasi rasanya. Keluarga buah pepaya yang daging buahnya berwarna kuning dengan tekstur daging seperti buah salak dengan rasa mirip mangga kweni. Disajikan dengan es serut dan potongan buah yang sudah dimaniskan membuat air liur tidak dapat terbendung, menetes. Sore hari yang panas di jogja, ditemani segelas es carica membuat pikiran memberontak agar waktu buka puasa segera datang. Membasahi tenggorokan dengan manisnya es carica. Selamat menikmati es carica :) [caption id="attachment_236107" align="aligncenter" width="500" caption="Es Carica"][/caption] sumber foto : es carica milik dina_sindhu tulisan terkait:

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun