Mohon tunggu...
Rukmana Tea
Rukmana Tea Mohon Tunggu... Editor - Belajar Tanpa Batas

Jangan jadi orang yang merugi, karena penyesalan di hari akhir tidak akan berarti..

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Ketika "No Viral No Justice" Dipandang Jadi Alat Mencari Keadilan

8 Juni 2023   18:01 Diperbarui: 8 Juni 2023   22:45 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rukmana (Dok.Pribadi)

"Fenomena "no viral no justice" dipandang telah membukakan jalan bagi masyarakat untuk turut andil menegakkan keadilan dengan cara yang cukup praktis."

Oleh Rukmana, SH

Kehadiran internet, media sosial dan media siber telah memudahkan masyarakat mendapatkan informasi, termasuk soal penegakan hukum. Alhasil, banyak peristiwa hukum yang menjadi sorotan publik atau istilahnya "viral". Fenomena 'no viral no justice" pun mengemuka manakala sebuah perkara hukum baru ditindaklanjuti pasca viral di media sosial. 

"Tidak ada keadilan jika belum viral. Kalau mau cepat ditangani, viralkan dulu kasusnya di media sosial. Sebab, no viral no justice". Demikian ungkapan satir yang sedang ngetren di benak masyarakat pengguna media sosial.

Pembahasan mengenai fenomena "no viral no justice" menarik apabila dibahas dari sisi ruang digital itu sendiri sebagai role model pergerakan massa. 

Motif fenomena ini tidak lain merupakan bentuk simpati dan kepedulian yang muncul karena masyarakat menilai ada ketidakadilan tersaji di depan layar. Saat sedang membuka media sosial, tiba-tiba muncul sebuah postingan yang mengusik hati nurani, spontan jari pun akan merespons.

Fenomena "no viral no justice" juga bersifat penggiringan opini yang berawal dari sebuah postingan untuk mempengaruhi netizen. Meski penggiringan opini, fenomena ini bukan sebuah hal yang negatif karena didasari kepedulian, dan menjadi dorongan sekaligus harapan terhadap lembaga atau instansi agar dapat bekerja sesuai aturan.

Fenomena "no viral no justice" dipandang telah membukakan jalan bagi masyarakat untuk turut andil menegakkan keadilan dengan cara yang cukup praktis. 

Betapa tidak, sembari duduk santai menikmati secangkir kopi, pengguna media sosial bisa berpartisipasi "menegakkan keadilan" hanya bermodalkan sebuah gadget dan jaringan internet.

Kendati demikian, hoaks alias berita bohong tentunya tetap menyusup dalam ruang digital. Alih-alih sukses ingin membuat viral, namun malah jadi bumerang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun