HIGHLIGHT

Taman Wisata Alam Situ Gunung

10 Agustus 2010 04:59:00 Dibaca :

Berada tak terlalu jauh dari kota Jakarta, Taman Wisata Situ Gunung Sukabumi dapat dijadikan alternatif wisata alam bersama keluarga tercinta. Selain menampilkan pesona alam yang sangat alami, wisata alam Situ Gunung termasuk wisata yang relatif murah dan bisa dinikmati oleh semua golongan. Taman Wisata yang masih merupakan bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango ini luasnya hampir 100 hektare. Jalur perjalanan dari Jakarta menuju Situ Gunung cukup mudah. Dari jalan tol Jagorawi anda keluar ke arah Ciawi lalu ikuti terus jalan utama lewat Lido, Cimelati, Pasar Cicurug, dan Pasar Cibadak. Setelah pasar Cibadak nanti anda akan bertemu pertigaan yang banyak angkot, sebelum Polsek Cisaat. Ambil jalan masuk ke kiri, nah itu sudah menuju Situ Gunung. Fasilitas jalan cukup bagus dan tidak ada tanjakan yang curam, jadi pakai kendaraan jenis sedan juga masih layak. Dalam perjalanan ada dua titik yang selalu macet yaitu di pasar Cicurug dan pasar Cibadak. Kalau anda mau menghindari macet, ada jalur alternatif memutar sebelum pasar Cicurug dan sebelum pasar Cibadak. Tapi jalur tempuh jadi lebih jauh dan tidak disarankan untuk mobil sedan. Di kawasan Situ Gunung ada tiga pilihan kalau anda mau bermalam, yaitu : kemping fasilitas biasa, kemping fasilitas hotel, dan villa. Untuk kemping dengan fasilitas biasa, anda bisa langsung menghubungi petugas di loket Taman Wisata Situ Gunung. Untuk kemping dengan fasilitas hotel bisa hubungi Tanakita Campsite Telp. 021-7200469, 021-7243252. Untuk villa bisa hubungi Villa Cemara telp 021-70066277. Selain pemandangan indah dari tempat yang tinggi, ada dua obyek wisata unggulan di kawasan Situ Gunung, yaitu danau Situ Gunung sendiri dan air terjun Curug Sawer. Berikut ini, hal-hal yang perlu diperhatikan kalau anda mau ke air terjun.

  • Kalau ada ojek motor yang menawarkan jasa mengantar sampai dekat air terjun sebaiknya jangan diterima karena, selain tarifnya mahal, jalannya juga lumayan berbahaya kalau ditempuh dengan motor.
  • Ada dua jalur (jalan kaki) menuju air terjun, yaitu dari perkemahan Situ Gunung dan dari perkemahan Cinumpang. Kalau mau sedikit memicu adrenalin, anda bisa mengambil jalur berangkat dari perkemahan Situ Gunung dan kembali lewat perkemahan Cinumpang. Jalur dari perkemahan Situ Gunung cukup menantang karena turun naik di pinggir jurang. Sementara jalur lewat perkemahan Cinumpang relatif lebih ringan, bahkan (kalau berani) bisa ditempuh dengan ojek seperti yang telah dibahas di atas.
  • Antara perkemahan Situ Gunung dan perkemahan Cinumpang ada jalan aspal yang jaraknya sekitar 2 km. Anda dapat memilih untuk jalan kaki, naik kendaraan sendiri, atau carter angkot.
  • Kalau anda sudah membayar tiket taman wisata Situ Gunung, jangan lupa membawa tiket tersebut ketika anda menuju air terjun, karena di sana akan ada loket pembelian tiket (lagi), dan anda cukup menunjukkan tiket taman wisata Situ Gunung tersebut.

Selamat berwisata ! Danau Situ Gunung di wikimapia Curug Sawer di wikimapia Perkemahan Cinumpang di wikimapia

Ichwan Depok

/ichwandepok

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Pengamat segala
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?