Mohon tunggu...
Zulfa Aulia Nurfaiza
Zulfa Aulia Nurfaiza Mohon Tunggu... Level Pemula

Mahasiswi Ilmu Sejarah, Beauty Enthusiast, Suka Kesenian, Hobi Nyemil dan Cinta Makanan Pedas. Salam, semoga bahagia selalu!

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Sejarah Kuliner: Datang dari Negeri Tirai Bambu ke Nusantara, Bakso Jadi Primadona

2 Juli 2020   20:45 Diperbarui: 2 Juli 2020   20:49 31 5 1 Mohon Tunggu...

Siapa yang tidak kenal bakso, panganan murah meriah nan lezat yang mudah ditemukan hampir di seluruh penjuru negeri. Bakso seringkali dijadikan sebagai makanan penunda lapar ketika sedang tidak berselera menyantap nasi. Atau, ada juga yang menikmatinya dengan menambahkan nasi sebagai pelengkap. Dijamin kenyang!

Bakso adalah makanan khas Indonesia yang digemari banyak orang. Bakso daging menurut BSN (1995-a) pada SNI No 01-3818 1995 adalah produk pangan yang terbuat dari bahan utama berupa daging yang dilumatkan, dicampur dengan bahan-bahan lainnya, dibentuk bulatan-bulatan dan selanjutnya direbus. Bakso termasuk makanan yang banyak dikenal dan digemari masyarakat. Salah satu kelemahan dari bakso yaitu tinggi kolesterol dan rendah serat, karena perlu adanya modifikasi bakso untuk penganekaragaman bakso dengan mencampur bahan pokok bakso dengan sayur mayur.

Rasa pada suatu makanan atau minuman mempunyai peranan penting, sebab dengan rasa maka konsumen dapat mengetahui dan menilai apakah makanan atau minuman tersebut enak atau tidak. Secara umum bakso memiliki rasa gurih yang khas. Bakso dengan mutu yang baik adalah bakso dengan rasa daging yang dominan dan rasa bumbu cukup menonjol tetapi tidak berlebihan.

Tekstur bakso dipengarui oleh kualitas dan jenis bahan baku (daging) yang digunakan, jenis dan prosentase tepung pati serta pada proses pembuatan. Kualitas daging akan menentukan mutunya, yaitu semakin segar daging yang dipakai maka semakin bagus mutu bakso yang dihasilkan. Salah satu syarat mutu bakso yang baik bisa ditinjau dari teksturnya yaitu kenyal.

Tekstur merupakan sensasi tekanan yang dapat diamati dengan mulut (pada waktu digigit, dikunyah dan ditelan) ataupun perabaan dengan jari. Selain daging bahan lain yang berperan untuk membentuk tekstur bakso adalah putih telur, fungsi putih telur sama dengan fungsi protein pada daging. Selain sebagai pengisi, penggunaan tepung juga bermanfaat sebagai pembentuk tekstur.

Sejarah Bakso

Bakso punya sejarah panjang. Bermula dari ungkapan kasih sayang dan bakti seorang anak kepada ibunya pada masa Dinasti Ming (1368-1644) di Cina, terciptalah jenis kuliner oriental yang kelak merambah Nusantara dan menjadi sangat populer di Indonesia.

Dilansir dari Theepochtimes, di masa akhir Dinasti Ming pada abad ke-17 Masehi, seorang anak bernama Meng Bo yang tinggal bersama ibunya di Fuzho, Cina. Ibunya sangat menyukai makanan olahan yang terbuat dari daging. Maka Meng Bo berinisiatif ingin memasak daging yang disukai sang ibu tersebut. Namun, ketika itu lantaran usia yang sudah renta, gigi ibunya sudah tidak mampu lagi mengunyah daging.

Meng Bo lantas memutar otak dan berfikir bagaimana caranya memasak daging yang lembut sehingga dapat dinikmati oleh ibunya. Ia tiba-tiba teringat dengan penganan lunak sejenis mochi yang dibuat dari ketan dan ditumbuk sampai halus.

Dari situlah Meng Bo kemudian menerapkannya pada daging yang semula alot kemudian ditumbuknya. Setelah itu dibentuk bulat-bulat kecil dan disantap bersama kuah kaldu hangat. Siapa sangka, masakan inivasi buatan Meng Bo ini sangat lezat.

Masakan bakso alias daging giling pun menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Cina dan terus berkembang sekaligus diwariskan secara turun-temurun. Hingga akhirnya, jenis kuliner ini dibawa oleh kaum imigran dari Cina sampai ke Nusantara. Sesampainya di Nusantara, bumbu bakso mulai mengalami penyesuaian dengan lidah orang Indonesia. Syukur, hal ini didukung oleh kekayaan alam Indonesia yang begitu melimpah akan rempah-rempah yang menjadikan bakso dapat semakin mudah diterima. Di zaman sekarang, berbagai olahan bakso yang beraneka ragam, siap memanjakan lidah penikmat wisata kuliner, baik lokal maupun mancanegara.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x