Mohon tunggu...
NUR ASISA
NUR ASISA Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi membaca novel

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dasar-Dasar Pemasaran

21 Maret 2024   21:44 Diperbarui: 21 Maret 2024   21:47 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nama       : Nur Asisa 

Nim           : 2023050103024

Prodi         : Manajemen Bisnis Syariah 

Matkul     : Dasar-dasar pemasaran 

Semester : 2

1. Apakah pentingnya pemasaran?
Jawab :
Pemasaran sangat penting karena merupakan kunci dalam memperkenalkan produk atau layanan kepada pelanggan potensial, membangun hubungan dengan mereka, dan mempengaruhi keputusan pembelian. Ini membantu perusahaan meningkatkan visibilitas, memperluas pangsa pasar, dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Dengan demikian, pemasaran menjadi fondasi bagi kesuksesan jangka panjang perusahaan.


2. Apa ruang lingkup pemasaran?
Jawab :

Secara umum ruang lingkup pemasaran mencakup

* Penelitian Pasar

* Pengembangan Produk

* Harga

* Distribusi

* Promosi

* Pelayanan Pelanggan 

* Riset dan Analisis 

3. Apa saja konsep-konsep dasar dalam pemasaran?
Jawab :
terdapat lima konsep pemasaran yang perlu diketahui pelaku bisnis. Berikut adalah
1. Konsep Produksi
2. Konsep Produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
5. Konsep pelanggan
6. Konsep pemasaran sosial


4. Bagaimana manajemen pemasaran berubah?
Jawab :
Manajemen pemasaran terus mengalami perubahan yang signifikan karena berbagai faktor, termasuk perkembangan teknologi, perubahan tren konsumen, dan evolusi dalam cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan. Beberapa perubahan utama dalam manajemen pemasaran meliputi:
1. Pergeseran ke Pemasaran Digital
2. Personalisasi Konten
3. Pemanfaatan Data Analitik
4. Fokus pada Pengalaman Pelanggan
5. Integrasi Media Sosial
6. Pemasaran Berbasis Nilai
7. Keterlibatan Konsumen


5. Apa tugas yang diperlukan untuk manejemen pemasaran yang berhasil?
Jawab :
Tugas-tugas kunci dalam manajemen pemasaran yang berhasil meliputi: penelitian pasar, perencanaan strategis, pengembangan produk, penetapan harga, promosi dan komunikasi, manajemen saluran distribusi, analisis data dan kinerja, pelayanan pelanggan, manajemen tim, dan adaptasi terhadap perubahan pasar. Ini melibatkan pemahaman pasar, pengembangan strategi, pelaksanaan kampanye, analisis hasil, dan memberikan layanan pelanggan yang baik, semuanya dengan tujuan mencapai keberhasilan dalam pemasaran produk atau layanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun