Mohon tunggu...
Zhafirah Deza
Zhafirah Deza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Pelajar yang harusnya belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Integrasi Dakwah Islam dengan Ilmu Konseling Islam

18 Januari 2022   10:44 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:03 161 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Dakwah ialah aktivitas menyeru, memanggil serta mengajak orang lain untuk menuju ke jalan yg diridhai oleh Allah SWT. supaya bisa memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Sejalan dengan waktu kesadaran keberagamaan rakyat, kata dakwah akan semakin  diucap dalam bermacam-macam aktifitas dengan perbedaan makna keagamaan. Hal ini menjadi sesuatu yg lazim, sebab setiap aktifitas ketika ingin mengajak pada kebaikan selalu dimaknai dengan dakwah atau tabligh.

Islam memandang insan sebagai makhluk yang memiliki fitrah keimanan, mempunyai potensi logika, penglihatan, indera pendengaran dan hati. semua potensi tersebut mampu dijadikan untuk penunjuk jalan hidupnya, landasan moral untuk bertanggung jawab atas jalan yg dipilihnya, dan selalu berpikir positif dalam setiap gerak langkahnya untuk menggapai hari esok yg lebih baik. Islam mengajarkan manusia agar tidak terikat oleh masa lalu yang suram, demikian pula tidak boleh terpaku dan silau akan keberhasilan yang sudah dicapai. semua yg didapat, adalah ujian sekaligus amanat yg harus dipertanggung jawabkan kelak pada akhirat. oleh karena itu manusia harus beriman dengan cara mengendalikan diri, ikhtiar serta tawakal pada Allah SWT.

Posisi Bimbingan serta Konseling pada pilar-pilar ilmu kita dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan sambil berbenah diri ke dalam yakni menaikkan mutu keilmuannya, mempercanggih teknologi dan seni bantuannya dengan menjadikan pada personal good barulah common good (Lasan,2015). Hal ini sama dengan filosofis Bimbingan serta Konseling yakni Konselor/pengajar BK sebelum membuatkan diri menjadi fully person hendaknya terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

PEMBAHASAN

Islam menjadi agama dakwah menuntut umatnya supaya selalu memberikan dakwah, karena kegiatan ini ialah kegiatan yang tidak pernah usai selama kehidupan di dunia masih berlangsung dan akan terus menempel dalam situasi serta syarat apa pun bentuknya dan coraknya. istilah dakwah ( ) merupakan: do'a, seruan, panggilan, ajakan, undangan, dorongan dan permintaan, berakar berasal dari kata kerja. "" yang berarti "berdo'a", memanggil, menyeru, mengundang, mendorong, serta mengadu.

Kepercayaan itu untuk mencari ridha tuhan. Dimana dzat yg paling tinggi artinya yang kuasa. agama Islam yang awalnya pandangan perihal tuhan berdasarkan rakyat pra Islam tetap mempercayai Allah Swt. tetapi mereka menjadikan berhala-berhala sebagai media atau mediator bukan sebagai yang kuasa. di dalam berhala itu, mereka mengibaratkan orang-orang shaleh. 

Sebab menurut mereka Allah itu terlalu agung untuk dibayangkan. Konstruksi dasar perihal kepercayaan yang dapat diartikan bahwa kepercayaan ialah suatu unsur primer yg membentuk ikatan antar manusia yg dalam skala makro diklaim menggunakan peradaban. kepercayaan berdasarkan mereka ialah suatu sistem keyakinan yang mana adapula yang mengartikan konsep kepercayaan ialah koonsep hutang piutang antara insan dengan Allah Swt. yang mencakup seluruh aspek kehidupan (dunia serta akhirat). pada konsep hutang piutang ini mempunyai 4 makna yaitu:

  • Keberhutangan
  • ketundukan
  • kekuatan hukum
  • kecenderungan alamiah.

Kepercayaan sendiri bisa melahirkan suatu kebudayaan. yang mana kebudayaan tadi akan dilakukan secara turun temurun serta terus menerus.

Kepercayaan saat dicermati dari segi kajian sosial artinya suatu pengakuan setiap masing-masing individu atau kelompok terhadap unsur suprasional yang menghipnotis pembentukan sistem dan kelembagaan pada tengah-tengah rakyat. oleh karena itu, agama wajib dilihat di segi universal yang posisinya juga sangat penting pada kehidupan bermasyarakat. di dalam kepercayaan terdapat nilai dan adat yang mengikuti suatu rakyat. 

Dimana ketertarikan tadi berlaku secara terus menerus yang kemudian menjadi suatu budaya di dalam masyarakat. aturan tersebut disebut sakral yang menuntut adanya kesepahaman diantara gerombolan tersebut. agama mempunyai kiprah yang sangat penting dimana hal tersebut memunculkan pro kontra didalamnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan