Seorang Manajer di perusahaan memiliki berbagai macam tugas penting, Manajer tidak hanya memberikan tugas kepada karyawannya tetapi manajer juga harus bisa memahami karyawannya di tempat kerja. salah satunya adalah dengan Manajer melakukan Wawancara terhadap karyawannya. Wawancara itu sendiri adalah suatu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan kepada seorang narasumber (orang yang memberikan informasi).Â
Wawancara sendiri merupakan tantangan bagi seorang manajer, di mana manajer tidak suka dirinya menjadi seorang hakim, yang di mana mereka harus menanyakan berbagai macam pertanyaan, dan memutuskan apa yang di rasa baik dan benar. lalu tantangan lainnya adalah banyak karyawan yang tidak suka di evaluasi atas kinerja yang mereka lakukan. namun dengan wawancara banyak karyawan yang bisa mengampaikan keluh kesah mereka terhadap perusahaan tersebut. misalnya dari wawancara karyawan bilang bahwa ia membutuhkan pelatihan, karena ia merasa bahwa kinerja yang ia kerjakan kurang memuaskan.
Maka dari itu, walaupun ada beberapa orang yang tidak suka dengan wawancara, namun wawancara dapat bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri untuk menaikkan tingkat produktivitas karyawannya. sehingga proses wawancara tersebut menjadi sangat penting di dalam perusahaan.
Di dalam buku Performance Planning and Review yang ditulis oleh Richard Rudman, menyatakan bahwa ada beberapa indikator yang dapat digunakan untuk mengukur penilaian kinerja:
1. Pengetahuan yang dimiliki Pengetahuan seorang karyawan mengenai pekerjaan sangat penting karena menjadi bagian dari tanggung jawabnya.
2. Kualitas pekerjaan Pengetahuan seorang karyawan mengenai pekerjaan sangat penting karena menjadi bagian dari tanggung jawabnya.
3. Kemampuan menyesuaikan diri Apakah karyawan memiliki kebijakan (judgment) yang bersifat naluriah yang dimiliki oleh seseorang karyawan yang mempengaruhi kinerjanya, karena dia mempunyai kemampuan menyesuaikan dan menilai tugasnya dalam menunjang visi dan misi perusahaan.
Indikator tersebut sangat berpengaruh dalam mengatur penilaian kinerja karyawan itu sendiri, misalnya pada pengetahuan yang dimiliki seseorang karyawan pada bagian tugasnya, jika karyawan itu sendiri tidak mempunyai basic dalam melaksanakan tugasnya, maka yang ada pekerjaan mereka akan berantakan, maka dari itu dengan wawancara akan berpengaruh penting, apakah karyawan tersebut membutuhkan pelatihan atau tidak.
Menurut kalian penting atau tidak untuk seorang manajer menilai kinerja karyawannya?
Zalfa SalsabilaÂ