Humaniora Pilihan

25 Kepala Suku di Papua Naik Haji

6 Agustus 2018   23:41 Diperbarui: 7 Agustus 2018   05:14 433 1 1
25 Kepala Suku di Papua Naik Haji
Foto Sys Milla

Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Pol Drs H Syafruddin MSi, melepas 25 orang kepala suku pedalaman Papua yang telah memeluk agama Islam, untuk berhaji  ke Tanah Suci Makkah. Pelepasan itu dilaselenggarakan di Kantor Pusat DMI, Jalan Jenggala 1, Jakarta Pusat, Senin 6 Agustus 2018.

foto sys milla
foto sys milla
Rombongan Kepala Suku Pedalaman Papua itu akan bertolak ke Tanah Suci pada Jum'at 10 Agustus 2018 mendatang. Mereka diundang naik haji oleh  Kerajaan Saudi Arabia, melalui Yayasan Al Manara pimpinan Syekh Khalid Al Hamoudi, yang telah lama menjalin kerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia. Syekh Khalid Al Hamoudi juga telah melakukan kunjungan silaturrahim ke Kantor Pusat DMI.

foto sys milla
foto sys milla
foto sys milla
foto sys milla
Untuk itu, Syafruddin mengharapkan semoga  para  jamaah calon haji ini  menjadi haji yang mabrur,  serta kian memperkuat ukhuwah Islamiyah dan kebangsaan begitu mereka kembali ke Tanah Air nantinya. "Pihak DMI melepas para tokoh dari Papua dan Papua Barat untuk berangkat melaksanakan ibadah haji. Kita (DMI) hanya perantara saja. Yang memberangkatkan mereka adalah Allah SWT," ujarnya.

foto sys milla
foto sys milla
Dalam kesempatan tersebut, Syafruddin mengungkapkan, bahwa program haji yang menyasar tokoh-tokoh masyarakat adat di Papua dan Papua Barat  sudah menjadi agenda rutin tahunan. "Pada 2017 lalu, misalnya, sebanyak 30 orang melaksanakan Rukun Islam yang kelima melalui mekanisme ini," katanya.

Di antara rombongan, menurut dia, terdapat beberapa Mualaf alias orang yang baru memeluk agama Islam. "Kebetulan para pesermusim haji tahun ini merupakan kepala-kepala suku yang telah cukup lama menjadi Muslim," ungkap Syafruddin.

foto sys milla
foto sys milla
Dan, kebetulan pula setiap tahun ada  undangan berangkat ke Tanah Suci. Lalu ada juga wakaf. "Ya kita salurkan wakaf itu. Insya Allah, kita harapkan jumlah jamaah bisa  meningkat  pada musim haji tahun mendatang," harap Syafruddin.

ZT -Kemayoran, 6 Agustus 2018