Mohon tunggu...
Zahrotul Mutoharoh
Zahrotul Mutoharoh Mohon Tunggu... Semua orang adalah guruku

Guru pertamaku adalah ibu dan bapakku

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Naik Kelas Kali Ini

25 Juni 2021   12:38 Diperbarui: 25 Juni 2021   12:52 38 2 0 Mohon Tunggu...

Hari ini, ibu mendapat undangan penerimaan Laporan Hasil Belajar semester dua pada tahun pelajaran ini. Ibu mengatakan penerimaan Laporan Hasil Belajar kali ini berbeda seperti biasanya. Pengambilan kali ini dilakukan dengan alur drive thru. Mengambil langsung di dekat pos satpam, kemudian langsung pulang. Begitu kata ibu.

O iya, namaku Sintia. Aku duduk di kelas lima SDLB di sebuah SLB negeri di Kabupaten Gunungkidul. Sama seperti teman-temanku yang bersekolah di sekolah umum, aku juga menerima pembagian Laporan Hasil Belajar. Aku dan teman-teman juga dapat naik kelas.

Selama satu semester penuh ini, aku dan teman-teman belajar secara online. Melalui media whatsapp group kelas. Materi dan pembelajaran serta tugas dikirim melalui grup whatsapp ini. Saya dan teman-teman sekelas yang semua tunanetra mengerjakan dengan tulisan huruf braille, kemudian tugas dikirim ke grup whatsapp.

Sedangkan materi dikirim bu guru dengan tulisan awas, karena orangtua kami tidak mampu membaca tulisan huruf braille. Oleh karena itu, materi dan tugas dibacakan oleh bapak atau ibu kami setelah memiliki waktu luang.

“Ibu ra isa ngecek tulisanmu, Sin.. Bener apa ora..”, kata ibuku setengah mengeluh.

Ya, aku sendiri maklum. Aku yang tunanetra saja masih terbata-bata menulis dan membaca tulisanku. Kalau dari koreksian bu guru kami, ada tulisan kami yang belum tepat huruf kapital, tanda baca dan sebagainya.

“Andai sudah belajar tatap muka di sekolah ya, bu.. Tentu kesulitan-kesulitan membaca dan menulis braille bisa dicek langsung oleh bu guru..”, kataku juga sambil mengeluh.

“Iya, Sin. Mudah-mudahan segera dapat belajar tatap muka.. Nanti ibu juga mau matur bu gurumu, ibu ingin belajar nulis dan membaca braille.. Biar bisa menemani kamu belajar..”, kata ibuku.

***

Sepulang ibu dari drive thru pengambilan Laporan Hasil Belajar di sekolah.

“Nilai kamu baik, Sin.. Kamu naik ke kelas enam. Tetapi ini ada catatan dari guru, supaya kamu lebih baik lagi di kelas enam..”, kata ibuku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x