Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Sisi Keadilan Easy Way Prima dalam Transaksi Perbankan Indonesia

23 Juli 2019   12:45 Diperbarui: 23 Juli 2019   13:27 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seiring berjalannya waktu, proses transaksi keuangan semakin canggih (kompleks/ rumit) . Dari sisi arti kamus bahasa Indonesia , arti kata canggih ini sebenarnya tidak cocok dengan keinginan dan kebutuhan manusia dalam mendapatkan  berbagai kemudahan dalam aktivitas keseharian karena berarti kerumitan, rewel dan sebagainya. Saya hanya menyetujui arti canggih dengan kata atau kalimat bergaya intelektual, apalagi kalau itu berkaitan dengan masalah keuangan perbankan.

Pernah mengalami rasa sebal ,kesal  pas lagi butuh dana , mencari ATM jauh, ditagih biaya  parkir yang tau tau nongol pas kita keluar ATM.Padahal pas parkit, dia gak ada  di tempat.

Rasa jengkel kita bertambah, saat  (ATM) yang  kita datangi  jaringannya Eror, Ofline  .Pokoknya ATM itu  rusak dengan segala informasi yang ada. AKhirnya kejengkelan itu ditumpahkan kepada tukang parkir tadi. "Boro -- boro bayar parkir, ATM nya  rusak nih"!

Karena sudah terbawa kesal karena jaringan ATM Bank kita ofline, akhirnya  penarikan uang dilakukan sembarangan di ATM Bank lainnya. Alhasil, sudah mesti bayar parkir, saldo ATM  kena charge penarikan , lengkap sudah penderitaan kita hari itu.

Istri saya pun pernah melakukan tindakan ekstrem, menutup akun Banknya, gegara dia mau bayar kredit  di ATM, dan ATM itu berada di Bank tempat dia menyimpan uangnya.  Lalu ketika dia membayar  di ATM yang logonya sama dengan Banknya namun masih terkena charge.

Lengkap sudah kekesalan kami berdua sebagai pasangan suami istri , yang akhirnya mengambil langkah kurang bijak menutup saja akun bank tersebut dan tersisa hanya kartu kreditnya saja.  Buat apa menabung di tempat tersebut, kalau  bayar  cicilan semisal kartu kredit via  ATM internal nya saja masih kena biaya.


SISI KEADILAN  "Easy way Jaringan PRIMA"

Saya memahami secara majority para nasabah PerBankan  kurang atau belum aware terhadap perkembangan atau kecanggihan sistem perbankan tersebut. Yang jelas, kebijakan apapun berkaitan dengan kepentingan transaksi  nasabah harus diinformasikan secara public, kalau tidak mau diprasangkai negatif oleh masyarakat.

Saya merasa , kalau saya ambil uang di ATM dan itu berbeda Bank, maka secara ikhlas saya akan meyakini  pasti  ada biaya administrasi , karena perbedaan Bank tersebut. Sama halnya, ketika kita mentransfer sejumlah dana ke bank yang berbeda dari  yang kita miliki, maka uang administrasi  akan ada. Hal ini secara umum dipahami karena berlaku secara umum.

Ketika saya membaca infromasi Jaringan  PRIMA  yang banyak dituliskan dengan segala kelebihannya. Saya meyakini, pasti mereka pernah merasakan ketidaknyamanan .  setidaknya  ada  hal  Sosialisasi Jaringan PRIMA belum efektifif  di masyarakat pengguna Perbankan

Termasuk saya,  ketika   hal ini ditanyakan kepada  temen kerja satu kantor  yang berjumlah kurang dari 100 orang, pemahaman, apalagi pengetahuan  tentang  jaringan PRIMA ini belum diketahui oleh mereka  . Padahal  mayoritas  memiliki lebih dari satu ATM dari Bank yang berbeda; Mereka tahunya , "Kalau  Lo ambil uang di ATM yang berbeda , lo bakalan kena charge" Sesimpel itu saja jawabannya.

karena  berdasarkan  fakta di lapangan, maka dibutuhkan keadilan di dua sisi yang sama atau seimbang atau  bahasa lugasnya adalah menempatkan sesuatu sesuai proporsinya.  Saya juga harus mengulas untuk apa Jaringan semisal PRIMA itu ada dan menempel menjadi satu kesatuan di beberapa ATM yang saya miliki?

Beberapa logo (PGN,Debit,ATM Bersama,PRIMA)  tanpa dijelaskan , masyarakat awam tentu akan mengerti. Nah , bagaimana dengan salah satu logo yang masih jarang dimengerti  semisal logo PRIMA.

Apa fungsinya ? Lalu kenapa Jaringan PRIMA itu ada?

Ya jelas lah, bagi saya biar gak kena biaya admin. Udah duit kita tinggal 1.000.000, pas lagi butuh ambil dana sejumlah itu  gak bisa diambil karena ada biaya administrasinya. Sebagai contoh, saat saya pakai  ATM OCBC NISP  di Mesin BCA dan ada logo PRIMA nya,  atau saat pakai ATM BRI di mesin ATM Mandiri pas ada logo PRIMA nya, maka ikhlaslah hati ini dan  amanlah  dana saya sesuai dengan apa yang saya tarik. Begitupun dengan  saat saya menggunakan kartu kredit BNI , dipakai di logo yang ada PRIMA nya , maka senanglah  hati saya.

Kartu ATM Jaringan PRIMA  yang memiliki tagline "Easy Way PRIMA" Memberi Kemudahan dan Keamanan Transaksi Perbankan dalam arti sebenarnya.  Yang  tidak benar adalah literasi keuangan perbankan kita yang kurang. Mau ambil dana, transfer,debit main transaksi saja, urusan ada syarat dan ketentuan kita masa bodoh saja. Alasan sederhana adalah kemungkinan dana yang ditransaksikan  masih kecil. Padahal besar dan kecilnya  itu berkolerasi. Sebagai contoh apa yang saya alami saat membutuhkan dana yang cepat dan cash.

Saya menarik dana di ATM yang berbeda, dana yang dibutuhkan adalah sebesar 3,5 juta rupiah. Uang yang ditransaksikan di ATM dengan nominal 50 ribu rupiah, penarikan minimum 1.250 ribu rupah. Sekali transaksi kena biaya administrasi sebesar  Rp 7.500,00 ( tujuh ribu lima ratus rupiah) . Saya harus menarik dana tersebut sebanyak 3 kali  dan total  biaya yang harus dikeluarkan adalah 7500 x 3 = 22.500 (dua puluh dua ribu lima ratus rupiah).  Mantap kan? Makanya cek dulu ada Logo PRIMA-nya gak?

PRIMA ATM

Mengenal Riwayat Jaringan ATM PRIMA

ATM PRIMA sendiri merupakan salah satu produk dari Jaringan PRIMA yang menghubungkan transaksi finansial antar bank pada semua jaringan ATM di seluruh Indonesia. Jaringan ATM ini dibangun dan dikelola oleh PT. Rintis Sejahtera, perusahaan yang bergerak di bidang pengoperasian sistem komunikasi satelit VSAT. PT. Rintis Sejahtera dikenal sebagai ATM BCA karena memang awalnya perusahaan ini dipercaya menjadi penyedia layanan switching dan komunikasi bagi jaringan ATM BCA sejak tahun 2000

Salah satu kemudahan yang kita dapatkan di era digital adalah kemudahan dalam bertransaksi. Apalagi sekarang Bank Indonesia telah memberikan dukungan penuh terhadap program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Ini merupakan bentuk kerjasama antar jaringan pembayaran dengan sistem pembayaran nasional. Dimana dengan sistem ini akan meningkatkan efisiensi dalam pembayaran yang berbasis elektronik, dimana satu jaringan dapat berfungsi untuk berbagai macam jenis transaksi.

Jaringan ATM yang memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah mitra bank PRIMA ATM untuk dapat melakukan transaksi Tarik Tunai, Cek Saldo dan Transfer Dana antar bank di seluruh mesin ATM berlogo PRIMA.

Keunggulannya antara lain memudahkan dan memberikan rasa nyaman transaksi ATM di seluruh Indonesia. Transaksi transfer dana antar bank diproses secara realtime online (24 jam) , terhunung dengan lebih dari 80 Bank di Indonesia, memiliki lebih dari 120 ribu jaringan ATM yang terkoneksi denan internet Banking, mobile Banking, Channel digital lainnya  di seluruh Indonesia. Namun yang paling penting adalah efisiensi waktu bagi nasabah mitra Bank ATM PRIMA.

Jaringan Prima adalah keadilan di Dunia Perbankan | Tangkapan layar pribadi
Jaringan Prima adalah keadilan di Dunia Perbankan | Tangkapan layar pribadi
PRIMA DEBIT 

Kemudahan transaksi pembayaran elektronik yang aman, berkualitas dan efisien pada semua mesin EDC yang terdapat di seluruh Indonesia.

PRIMA DEBIT merupakan produk Jaringan PRIMA selaras dengan kebijakan Bank Indonesia yaitu Gerbang Pembayaran Nasional. GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah program yang diinisiasikan oleh Bank Indonesia dan industri sistem pembayaran untuk kemudahan bertransaksi non tunai di seluruh Indonesia dimana semua kartu ATM/Debit dapat melakukan transaksi pembayaran di semua mesin EDC.

Keunggulan untuk Nasabah :

Nasabah dapat bertransaksi di semua mesin EDC bank seluruh Indonesia, Tidak dikenakan biaya oleh merchant,Tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, Kenyamanan dan kemudahan berbelanja

Untuk Merchant :

Satu mesin EDC untuk semua kartu, Standarisasi besaran MDR,Cash handling lebih efektif, menghindari risiko uang palsu dan pencurian,Pangsa pasar lebih luas,Kemudahan transaksi pembayaran pada semua mesin EDC yang terdapat di seluruh Indonesia.

PRIMA PAYMENT SOLUTION

PRIMA Payment Solution memberikan kemudahan pembayaran online untuk seluruh nasabah mitra bank Jaringan PRIMA melalui channel ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Teller, dan PPOB yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA.

Keunggulan

Transaksi diproses secara real time online, Beragam channel pembayaran di lebih dari 20 mitra bank Jaringan PRIMA,Telah terhubung di lebih dari 88 mitra biller dengan latar belakang bisnis yang beragam,Telah terhubung di lebih dari 20 Collecting Agent (bank dan non-bank) telah terkoneksi dengan

TRANSAKSI INTERNASIONAL

Jaringan PRIMA memberikan kemudahan bagi para nasabah mitra bank Jaringan PRIMA saat berada di luar negeri untuk dapat melakukan transaksi Tarik Tunai dan Cek Saldo pada jaringan ATM yang berlogo MEPS (Malaysia), ATM Pool (Thailand), dan EXK (Korea Selatan).

TOP UP UANG ELEKTORNIK

Kemudahan transaksi isi ulang uang elektronik Flazz dengan menggunakan kartu debit mitra bank ATM PRIMA.

Keunggulan Transaksi diproses secara real time online, Proses isi ulang saldo uang elektronik lebih mudah, Isi ulang saldo dapat menggunakan sumber dana bank lain yang merupakan mitra bank ATM PRIMA, Biaya transaksi yang kompetitif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun