Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kompetisi Pasar Modal Dinamic Undip 2019, Dijuarai TSM Trisakti

8 Mei 2019   10:57 Diperbarui: 8 Mei 2019   15:24 0 2 0 Mohon Tunggu...
Kompetisi Pasar Modal Dinamic Undip 2019, Dijuarai TSM Trisakti
private.doc

Minat mahasiswa untuk memasuki dunia pasar modal di Indonesia semakin berkembang bertumbuh dari tahun ke tahun. Hal ini ditunjukkan dengan menjamurnya Galeri Investasi yang hadir di setiap kampus di seluruh Indonesia, yang di kendalikan langsung oleh Bursa Efek Indonesia dan melalui TICMI, The Indonesia Capital Market Institute, yang sangat gencar membangun kolaborasi dengan kampus.

Salah satu program yang sedang ngetrend di kalangan mahasiswa pencinta Pasar Modal adalah Capital Market Competition yang hampir setiap tahun diselenggarakan. Tidak saja oleh satu lembaga, tetapi banyak lembaga yang mengadakannya dengan icon yang berbeda-beda. Kompetisi ini dikhususkan untuk para mahasiswa peminta Pasar Modal, khususnya untuk perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia.

Kompetisi yang paling baru, dan bergensi adalah DINAMIC 2019 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Kota Semarang yang baru berlangsung secara intensif tanggal 1 -- 5 Mei 2019. Diikuti oleh puluhan Tim Investasi dari 32 Universitas/Sekolah Tinggi Perguruan Tinggi seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta.

private.doc
private.doc
DINAMIC 2019 yang menjadi agenda rutin tahun UNDIP, memang termasuk kompetisi yang agak bergensi dikalangan mahasiswa, tidak saja karena tingkat kesulitannya yang menantang tetapi hampir semua perguruan tinggi terbaik di Indonesia mengikutinya.

Menantang karena seleksinya sangat ketat dan berjenjang sebelum sampai pada tahap 5 besar yang sebagai puncak persaingan diantara semua peserta.

Kompetisi yang berlangsung selama 3 hari di Semarang, di dahului dengan seleksi ketat dari semua peserta yaitu Tim Investasi dari 32 Perguruan Tinggi yang lolos untuk mengikuti tahapan awal, dengan memperlihatkan kemampuan menganalisis sebuah Emiten, perusahaan yang sudah go publik untuk diajukan kepada Tim Juri.

private.doc
private.doc
Hasil kajian Tim Investasi tentang sebuah emiten di Bursa Efek Indonesia, kemudian dipilih 15 Tim Investasi yang lolos ke tahap berikut. Dan berhak untuk mengikuti kompetisi tahap berikutnya di Kampus UNDIP Semarang. Kemudian, seleksi berikutnya dilakukan untuk memilih 5 besar, dan penentuan yang menjadi juaranya.

Minat kampus dan khususnya para mahasiswa pada dunia pasar modal menjadi hal yang sangat positif  dan baik sebagai upaya agar negara ini menjadi tuan dan pelaku utama dalam pasar modal di Indonesia. Dan pelan-pelan peran dari investor asing bisa berkurang, yang pada akhirnya akan mendorong Bursa Efek Indonesia sebagai pasar modal yang diperhitungkan dalam perekonomian Regional maupun Global.

Semangat para warga kampus untuk memasuki pasar modal menjadi sangat terbuka lebar, terutama ketika BEI melalui TICMI-nya membangun kerjasama dengan kampus untuk menghasilkan tenaga-tenaga profesional yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang go public. Terutama SDM profesional dibidang pemasaran dengan sertifikasi WPPE nya, bidang investasi dengan sertifikasi WMI nya dan masih banyak lagi yang lain.

https://ticmi.co.id/register
https://ticmi.co.id/register
Program sertifikasi ini sangat berguna bagi para mahasiswa yang ingin berkarir di Pasar Modal, sebab dengan Sertifikasi WMI, WPPE, WPEE akan bisa langsung diterima bekerja di perusahaan-perusahaan efek yang sangat banyak saat ini.

Artikel terkait : Mengenal TICMI, Mesin Pencetak Tenaga Profesional Pasar Modal Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2