Mohon tunggu...
Jejak Pena Yuni
Jejak Pena Yuni Mohon Tunggu... Blogger, Buzzer, Culinary, Content Writer

Blogger, Buzzer, Culinary, Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

JNE Siap Dukung UMKM Bali dari Lokal untuk Global

28 September 2018   09:55 Diperbarui: 2 Oktober 2018   12:32 1060 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
JNE Siap Dukung UMKM Bali dari Lokal untuk Global
dok. pribadi

Bali selalu indah untuk diceritakan. Berbagai keistimewaan yang dimilikinya sering menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke pulau yang menjadi surganya Indonesia ini.

Bukan hanya tempat wisata dan pusat kuliner saja, kini hasil kerajinan masyarakat Bali yang merupakan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), juga memikat para wisatawan untuk mengenal Bali lebih dekat. Inilah yang menjadikan produk-produk UMKM mampu menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat Bali.Bertempat di Aston Denpasar Hotel, Jl. Gatot Subroto Barat No. 233, Pemecutan Kaja, Denpasar - Bali, JNE menyelenggarakan acara Kopiwriting bersama Kompasiana dan Media Bali dengan mengambil tema "Dari Lokal untuk Global" (Kamis, 27/09/18).

Turut hadir dalam acara ini adalah Bapak Reza Arfandy, Head of Cargo Sales JNE Freight; Bapak I Gede wayan Suamba, perwakilan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Propinsi Bali; Ibu Ni Luh Ary Pertami Djelantik, owner Niluh Djelantik Store, produksi alas kaki kulit asli Bali; Ibu A.A.A. Mas Utari Noviyanthi, pemilik Beehandycrafts Bali, serta Ibu Ni Nyoman Alit Septiniwati, Kepala Cabang JNE Denpasar. 

dok. pribadi
dok. pribadi
JNE, sebagai perusahaan jasa kurir ekspress dan logistik yang telah menjalankan bisnis usahanya selama hampir kurang lebih 28 tahun, berupaya memberikan dukungan terhadap perkembangan UMKM di Bali supaya mampu menembus pasar global.

Jangan sampai masyarakat dalam negeri lebih mencintai produk luar negeri ketimbang produk negaranya sendiri. Jangan pula produk dalam negeri hanya bergerak ditempat, artinya hanya dikonsumsi oleh masyarakat didalam negeri saja namun tidak mendapat tempat di luar negeri.

Sampai saat ini produk UMKM yang banyak diproduksi di Bali berupa makanan ringan, minuman, produk kecantikan, produk spa, sarung Bali, kerajinan tangan, hingga tenun. Dan rupanya produk-produk tersebut tidak hanya diminati oleh pasar nasional, namun telah merambah hingga lingkup global.

Dan produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Bali merupakan produk khas yang siap bersaing di pasaran. Semakin gencar upaya berbagai pihak memasarkan produk-produk Bali ini baik di pasaran nasional maupun sampai ke tingkat global, sudah pasti akan berdampak positif terhadapat aspek perekonomian. Inilah salah satu cara menggerakkan roda perekonomian nasional.

Dengan semakin berkembangnya produk UMKM Bali, tentunya JNE berupaya memberikan dukungan penuh dalam bentuk memberikan peluang kerjasama kemitraan untuk masyarakat, dan program JLC (JNE Loyalty Card) agar pelanggan mendapatkan benefit dari tiap aktifitas pengiriman. 

Bahkan, kini JNE juga memiliki "JNE International Service" yang siap membantu pemasaran produk-produk khas Bali ke mancanegara. Jangkauan JNE Internasional sendiri sangat luas, mencakup 220 negara dengan estimasi waktu pengiriman 2 - 6 hari, tentunya dengan tarif yang disesuaikan negara tujuan.

Sementara dukungan yang diberikan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Propinsi Bali berupa diversifikasi (pengembangan) produk dan memfasilitasi produk UMKM supaya berkembang, seperti membantu pembiayaan secara kredit termasuk didalamnya masalah packaging (pengemasan produk), ijin usaha, dan sebagainya.

Diharapkan para pelaku industri di Bali mampu memproduksi barang sesuai selera pasar, sehingga produk yang dihasilkan akan laku keras baik di pasar nasional maupun pasar global.

Untuk menciptakan barang yang siap bersaing di pasaran tentunya harus memenuhi syarat-syarat diantaranya: produk harus berkualitas baik, mempunyai harga kompetitif, produsen mampu memberikan pelayanan yang bagus terhadap pelanggan, barang yang dipesan tepat waktu sesuai pesanan serta harus mampu memanfaatkan media sosial sebagai media berbisnis online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x