Mohon tunggu...
yunan dzakiyul fuad
yunan dzakiyul fuad Mohon Tunggu... tampan dan pemberani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030097

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Akhirnya Toyota Menjual GR Yaris di Indonesia! Lalu, Bagaimana Spesifikasinya?

16 Juni 2021   13:42 Diperbarui: 17 Juni 2021   10:28 144 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akhirnya Toyota Menjual GR Yaris di Indonesia! Lalu, Bagaimana Spesifikasinya?
instagram.com/_thecardoc

PT TAM (Toyota Astra Motor) secara resmi akhirnya meluncurkan Toyota GR Yaris ke Indonesia. Namun, jumlah unit yang dimasukan oleh PT TAM tidak banyak, hanya 126 unit saja. Maka dari itu, Toyota membuka SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) kepada konsumen yang ingin memesan mobil tersebut pada 25 Maret 2021. Dan beredar kabar bahwa GR Yaris ini sudah habis terjual di Indonesia, padahal unitnya sendiri akan hadir pada September 2021 mendatang. Respon dari konsumen Indonesia ternyata sangat tertarik pada mobil tersebut. Lalu, apa yang membuat mobil ini merasa spesial dimata konsumen Indonesia?

Sedikit cerita tentang GR Yaris. pada awalnya GR Yaris ini merupakan sebuah mobil ber-DNA motorsport sejak awal kemunculannya di dunia, terutama pada ajang kejuaraan rally dunia di World Rally Championship (WRC). GR sendiri adalah singkatan dari Gazoo Racing yang merupakan pengembangan dari Gazoo Racing World Rally Team (WRT) untuk kejuaraan rally dunia. Kemudian, atas keinginan master driver Morizo, terciptalah Toyota GR Yaris yang menggabungkan antara kenyamanan berkendara normal di jalan raya, performa  dan handling yang mantap seperti layaknya mobil rally, memiliki desain eksterior yang agresif dan memiliki tampilan interior yang mewah, serta memiliki beberapa fitur yang canggih. Seperti apa spesifikasi serta bentuk yang ditawarkan dari mobil ini? Yuk kita simak!

  • Eksterior

Tampilan eksterior depan GR Yaris - instagram.com/the_mad_yaris
Tampilan eksterior depan GR Yaris - instagram.com/the_mad_yaris
Pertama -- tama kita mulai dari desain eksteriornya dulu. Tampilan depan dari GR Yaris ini memiliki desain yang sangat agresif. Hal itu dibuktikan dengan adanya bumper depan yang memiliki aksen hitam, bentuk lampu LED-nya yang  cantik, serta bentuk bumpernya yang besar berbentuk trapesium membuat mobil ini terlihat garang dan agresif ketika dibawa ke jalan raya. Apalagi ditambah dengan bentuk mobilnya yang compact, karena memiliki bentuk bodi yang ringkas. Bobotnya saja hanya 1.280kg saja, dan juga hanya memiliki 2 pintu penumpang.

Panjang dari mobil ini tidak sampai 4 meter alias 3.995 mm, memiliki lebar 1.805 mm, serta tinggi dari mobil ini hanya 1.460 mm dan memiliki wheelbase hanya 2.558 mm.  Untuk bagian ban, mobil ini memiliki ukuran 225/40/R18 dengan velg berwarna hitam glossy yang cukup gagah. Karena ukuran velg dan ban yang besar akan mendukung pengendalian serta akselerasi dari mobil ini.  Tidak heran jika mobil ini dijuluki oleh sebagian orang sebagai hot hatchback, karena bentuknya yang compact dan ringkas.

Tampilan eksterior belakang GR Yaris - momobil.id
Tampilan eksterior belakang GR Yaris - momobil.id
Bentuk belakang dari GR Yaris ini tidak kalah menarik dari desain bagian depannya. Hal itu dibuktikan dengan adanya aksen hitam yang memanjang dari kiri sampai kanan, bentuk lampunya yang kecil dan pipih, serta memiliki knalpot ganda dan juga bentuk bumper yang agresif. Apalagi atap dari GR Yaris ini sedikit menurun dari depan ke belakang layaknya sebuah coupe yang ada di hatchback.
  • Interior

Tampilan dashboard GR Yaris - tunastoyota.com
Tampilan dashboard GR Yaris - tunastoyota.com
Seperti yang kita lihat digambar, bentuk dari dashboard GR Yaris ini memiliki konsep clutter free interior dengan dua buah garis utama yakni bagian atas dan bagian bawah dashboard. Hal itu seolah -- olah menunjukan bahwa bentuk dashboard GR Yaris ini seperti bertumpuk ketika kita lihat. Apalagi warna dari dashboard GR Yaris ini berwarna gelap, yang mana itu menunjukan kesan mewah.

 Kemudian bentuk dari dashboard mobil ini juga mengarah ke driver (driver oriented) yang mana hal itu akan membuat driver lebih bisa menjangkau dengan mudah tombol -- tombol yang ada di konsol tengah seperti tuas transmisi, layar HU, dan lain -- lain. Layar HU ini sudah menggunakan konektivitas terkini seperti Apple Car Play dan Android Auto. Hal itu akan mempermudah driver untuk mengatur konektivitas yang ada di gadget, maupun mobil.

Tampilan Jok GR Yaris - otodriver.com
Tampilan Jok GR Yaris - otodriver.com
Mobil ini juga dirancang untuk bisa mengangkut 5 orang penumpang, yang mana itu membutuhkan kenyamanan dan pengendalian yang mantap ketika dibawa berjalan. Oleh sebab itu, GR Yaris juga dilengkapi dengan jok driver dan bagian penumpang depan kiri yang sudah berbentuk bucket seat agar mendukung pengendalian yang mantap. Ditambah dengan jok yang berwarna gelap, menambah kesan mewah pada GR Yaris ini serta audio mobil ini sudah menggunakan JBL agar semakin nyaman dan menyenangkan ketika dibawa pergi keluar kota.
  • Mesin dan transmisi

Untuk unit yang masuk ke Indonesia, spesifikasi dari interior, eksterior, fitur serta mesin ternyata sama persis dengan yang ada di versi luar negeri atau versi WRC. Hal itu merupakan kabar baik. Dikutip dari laman cintamobil.com, mesin yang masuk ke Indonesia adalah mesin berkode G16E-GTS dengan kapasitas mesin 1.600cc 3-silinder turbocharged yang menghasilkan tenaga 270 hp serta torsi maksimum 370 nm. Tenaga tersebut menyalurkan tenaganya ke-4 roda (AWD) terbarunya yang dinamai dengan GR-Four, serta tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 speed iMT. Dan kecepatan ini juga dibatasi secara elektronik di 230km/h. Untuk akselerasi 0 -- 100km/h klaim Toyota hanya 5,2 detik saja. Wow, sangat cepat bukan? Mengingat ukuran dimensi mobil serta bobot yang dimiliki mobil ini sangat ringkas.

Tampilan mesin GR Yaris - easycars.jp
Tampilan mesin GR Yaris - easycars.jp
Kesimpulan mengenai GR Yaris. Mobil ini merupakan hot hatchback asal jepang yang sangat populer dan diminati oleh masyarkat di seluruh dunia. Apalagi Toyota membuat mobil ini sangat terbatas di dunia yaitu 25.000 unit, dan di Indonesia mendapatkan jatah hanya 126 unit saja. Tidak heran jika masyarakat Indonesia berlomba -- lomba membeli mobil ini untuk digunakan di jalanan Indonesia hingga Toyota memberi kabar bahwa mobil ini ludes terjual. Padahal unitnya sendiri dilaunching pada September 2021 mendatang dan harganya yang cukup menguras dompet anda.

Bicara soal harga, GR Yaris dihargai dengan harga dikisaran 700 juta hingga 850 juta. Kami tidak tahu pasti karena Toyota secara resmi belum mengumumkan harga yang pasti untuk mobil ini.

VIDEO PILIHAN