Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Dari Dulu Sudah Ada Sepeda, Kenapa Orang Baru Ramai Bersepeda Sekarang?

17 Juni 2020   17:14 Diperbarui: 25 Juni 2020   08:15 601 17 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Dulu Sudah Ada Sepeda, Kenapa Orang Baru Ramai Bersepeda Sekarang?
Ilustrasi sepeda yang memenuhi tempat parkir | Source : freepik.com 

Sepeda adalah sebuah alat transportasi

Tercatat dalam sejarah sepeda sudah digunakan oleh orang Prancis di awal abad 18, jangan bayangkan kondisinya sudah menyerupai sepeda yang kita gunakan saat ini, sepeda di masa tersebut masih sangat "primitif" dengan ukuran yang begitu besar dengan  pergerakan yang cukup rumit.

Rumit seperti apa ?

Diperlukan dua orang untuk memutar engkol yang ada di sisi kanan dan sisi kiri sepeda "primitive" tersebut, selanjutnya benda itu akan bergerak urutan sebagai berikut : kiri,kanan,atas,berputar,atas, depan, bawah, belakang dan barat laut.

Baru pada tahun 1817 seorang pria asal Jerman bernama Karl Drais, berinovasi membuat bentuk sepeda menjadi lebih mirip dengan yang kita kenal saat ini, Drais adalah seorang pengawas hutan, dia membutuhkan sebuah kendaraan yang mampu membantunya dalam melaksanakan tugasnya dengan mobile.

Sepeda menjadi alat yang sangat berguna bagi Drais, dengan adanya sepeda ini dirinya dapat berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dengan mudah, serta sanggup menyusuri medan yang cukup sulit seperti dalam hutan.

Ilustrasi sepeda yang digunakan Drais | source : wikipedia.org
Ilustrasi sepeda yang digunakan Drais | source : wikipedia.org

Apa fungsi sepeda sekarang ?

Setelah ada kendaraan bermotor yang bisa digunakan menjadi alat transportasi lebih cepat dari sepeda, mulailah fungsi sepeda bergeser dari alat transportasi menjadi menjadi alat olahraga, kelelahan yang didapatkan saat mengayuh sepeda bukan lagi kekurangan dari sepeda, melainkan menjadi keuntungan karena dapat menggerakan tubuh supaya menjadi lebih sehat.

 Bersepeda adalah olahraga yang termasuk dalam golongan olahraga kardiovaskuler atau lebih dikenal sebagai kardio saja, olahraga kardio ini adalah jenis olahraga yang mampu meningkatkan fungsi kapasitas dari organ vital seperti paru-paru dan jantung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x