Mohon tunggu...
YOHANIS BENU
YOHANIS BENU Mohon Tunggu... Mahasiswa - Oebesa City

C H A J O

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manfaat Tomat yang Jarang Diketahui Pecandu Rokok

30 November 2021   17:09 Diperbarui: 30 November 2021   17:45 61 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tanaman pangan yang mudah dibudidayakan, kaya akan nutrisi, permintaan pasar selalu meningkat dan sangat menjanjikan untuk bisnis ialah Tomat atau nama latinnya ( solanum lycopersicum). 

Tomat merupakan salah satu tanaman pangan yang sangat populer dikalangan masyarakat luas. Tomat juga sering dikenal dengan julukan 'si merah'. Sebagai salah satu tanaman pangan, tomat seringkali menimbulkan perdebatan dikalangan masyarakat umum, bahwa apakah tomat tergolong dalam jenis tanaman buah atau sayuran? 

Terlepas dari perdebatan tersebut, dalam kehidupan sehari-hari tomat seringkali dijadikan penyedap dalam makanan, dan sangat banyak ditemui baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Tanaman tomat memiliki banyak nutrisi dan banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Tomat sangat digemari dan seringkali dijadikan kaum perempuan untuk kecantikan yaitu sebagai masker wajah, karena memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan kulit khususnya bagian wajah, tomat mampu menyamarkan pori-pori dan mampu mencegah timbulnya jerawat, dapat mencerahkan wajah, memperlambat penuaan wajah serta dapat menangkal pembentukan komedo.

Mengenal jenis-jenis tomat secara umum yang dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukuran yaitu :

 1. Tomat plum 2. Tomat anggur 3. Tomat ceri 4. Tomat pear 5. Tomat beef 6. Tomat globe 7. Tomat oxheart 

8. Tomat campari. 

Manfaat tomat selain dalam bidang kecantikan tomat juga bermanfaat bagi kesehatan bagian dalam khususnya paru-paru yang disebabkan karena merokok. 

Dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak perokok aktif maupun orang yang terkena dampak asap rokok atau yang biasa disebut perokok pasif, dan yang sudah memahami bahwa merokok dapat mengakibatkan kanker, serangan jantung dan lainnya. tapi sulit bagi mereka untuk menghentikan kebiasaan merokok mereka, itu adalah hal yang lumrah bagi mereka tapi dampaknya sangat fatal bagi kesehatan jantung dan paru-paru.  

Saat ini banyak dari pecandu rokok yang tidak mengetahui bahwa tanaman pangan yang seringkali ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu tomat, dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru dan kesehatan jantung. Mengapa buah tomat dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru?

Dalam  buah tomat tengandung  senyawa lycopene atau senyawa yang tidak dapat larut dalam air dan terikat kuat dalam serat dan merupakan suatu antioksidan yang sangat kuat. Yang mampu mencegah berbagai penyakit, salah satunya paru-paru dan memiliki kemampuan anti-kanker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan