Mohon tunggu...
Yasmin Zahra Tauhid
Yasmin Zahra Tauhid Mohon Tunggu... Mahasiswa - A psychology student of Diponegoro University

Living in simplicity, she loves some creative and charming stuff specially made by herself. She made art, and she is the art.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Journaling Bersama Tim II KKN UNDIP untuk Latih Manajemen Diri!

13 Agustus 2022   23:58 Diperbarui: 2 September 2022   16:42 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama peserta pelatihan manajemen diri/Dokumentasi pribadi

Kota Semarang (14/08/2022)—Mahasiswa Tim II KKN UNDIP menggelar pelatihan Manajemen Diri dengan judul Tingkatkan Manajemen Diri Melalui Journaling: A Way To Manage and Know Yourself More. Pelatihan ini dilaksanakan di balai RW 09 Kelurahan Jatisari, Kota Semarang dan berjalan dengan lancar serta penuh antusiasme para peserta, yakni Karang Taruna RT 09 RW 09. 

Materi manajemen diri disampaikan oleh salah satu mahasiswi dari jurusan Psikologi. Materi manajemen diri disampaikan agar remaja dapat mengenali dan belajar cara memanajemen diri dan membentuk pribadi yang lebih teratur, rapi, bertanggung jawab, dan disiplin melalui pembiasaan perilaku menyusun jadwal, mengatur daftar prioritas, menyusun tujuan atau goals, memotivasi dan mengenali diri sendiri berkaitan dengan nilai yang diyakini, hal-hal yang dipelajari, hal-hal yang disukai dan tidak disukai, serta analisis SWOT terhadap diri sendiri. Topik yang dibahas yakni terkait manajemen diri, manfaat manajemen diri, kategorisasi manajemen diri, cara manajemen diri dengan journaling, manfaat journaling, dan berlatih bersama untuk memanajemen diri melalui kegiatan menyusun journal.

Foto sesi journaling peserta/Dokumentasi pribadi
Foto sesi journaling peserta/Dokumentasi pribadi

Foto sesi journaling peserta/Dokumentasi pribadi
Foto sesi journaling peserta/Dokumentasi pribadi

Kegiatan journaling peserta didorong oleh adanya seperangkat barang sebagai bahan untuk journaling, seperti kertas, pena, highlighter, dan stiker, sehingga peserta bisa berkreasi dari benda-benda yang telah disediakan. Hadirnya hadiah sebagai reward yang akan diberikan kepada peserta dengan hasil journaling terbaik juga semakin memeriahkan kegiatan journaling tersebut. Semua hasil journaling peserta sangat berani untuk menggambarkan diri pribadi dan kreatif. Pelatihan manajemen diri dan journaling ini mampu berjalan dengan efektif untuk mengenalkan kepada remaja terkait manajemen diri dan journaling. Harapannya, pelatihan ini dapat mewujudkan pribadi remaja yang lebih efektif, teratur, dan disiplin dengan menjadikan kegiatan journaling sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari.

Foto bersama peserta journaling dengan hasil terbaik/Dokumentasi pribadi
Foto bersama peserta journaling dengan hasil terbaik/Dokumentasi pribadi

Author: Yasmin Zahra Tauhid | Fakultas Psikologi | Universitas Diponegoro

DPL: Roro Isyawati P. G, S.IP, M.IP

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun