Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Gaji Besar Tidak Menjamin Permohonan KPR Disetujui

27 Oktober 2022   21:43 Diperbarui: 28 Oktober 2022   07:06 1116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
BNIP kembali mengembangkan rumah tipe Lotus dengan Luas Bangunan (LB) di kawasan Permata Mutiara Maja (Dok BNIP via Kompas.com)

Baru-baru ini terjadi kehebohan di twitter adanya seseorang karyawan yang punya gaji besar tetapi ditolak saat mengajukan KPR. Loh kok bisa? Yuk, kita telusuri alasan-alasan di belakang penolakan itu.

Seandainya saya sebelum bergaji besar (masih jadi karyawan dengan gaji kecil/sedang), saya pernah memohon suatu peminjaman di salah satu finansial teknologi atau mengambil dana dari kartu kredit.

Setelah saya dapat pinjaman/dana tunai, saya sulit mengembalikan. Bahkan sampai dikejar oleh debt collector.

Record dari ketidakberesan saya saat memiliki pinjaman baik itu di perbankan atau di perusahaan pembiayaan, finansial teknologi semuanya tercatat di Sistem Layanan Internal Keuangan (SLIK) atau BI Checking. SLIK ini sekarang di bawah pengawasan oleh OJK.

Ketika saya tidak sadar bahwa saya pernah dianggap sebagai debitur dengan skor kredit 3 yang artinya kredit tidak lancar, data itulah yang digunakan oleh perbankan di mana saya sedang memohon pinjaman untuk KPR.

Setiap perbankan, lembaga peminjaman atau finansial teknologi yang akan memberikan persetujuan untuk KPR harus melalui proses penyaringan SLIK. 

Dalam penyaringan SLIK itu akan diketahui status dari calon debitur, apakah sebelumnya dia sebagai debitur yang lancar membayar atau justru sering macet dalam pembayarannya.

Record itu tidak bisa dihapuskan tanpa pemulihan meskipun akhirnya debitur sudah melunasi setelah dikejar-kejar pembayarannya.

pexels-monstera
pexels-monstera

Pengalaman teman meminjam di Fintech

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun