Mohon tunggu...
Edbert Wiratama
Edbert Wiratama Mohon Tunggu... CEO

Seorang Enterpreneur sejati yang merintis bisnis sedari awal dan menikmati segala proses dengan ketekunan dan kesabaran.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Dengan Uang Satu Juta Rupiah, Kira-kira Bisa Buat Bisnis Apa?

27 Agustus 2018   09:56 Diperbarui: 2 September 2019   10:02 0 3 0 Mohon Tunggu...
Dengan Uang Satu Juta Rupiah, Kira-kira Bisa Buat Bisnis Apa?
antaranews.com

Tips Mendapat Keuntungan Berlipat Hanya Dengan Modal 1 Juta

Modal usaha 1 juta -- membangun usaha dengan modal minim dan pas-pasan bisa dikatakan susah-susah gampang. Anda harus pintar melihat peluang dan memilih jenis usaha yang bisa menjawab kebutuhan pasar. Dengan begitu, modal usaha 1 juta yang Anda miliki bisa digunakan dengan maksimal. Dan satu hal lagi yang paling penting adalah memilih target market yang tepat.

Modal sering kali menjadi hambatan setiap pebisnis pemula yang ingin memulai bisnis-nya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang mengurungkan niat-nya hanya karena keterbatas dana usaha. Padahal ada banyak peluang usaha menguntungkan yang bisa dijalankan, bahkan hanya dengan modal usaha 1 juta.

Anda hanya perlu memilih jenis usaha yang tepat, buat perencanaan bisnis-nya dengan matang dan jalankan dengan cerdas. Dengan begitu, niat untuk membangun bisnis menguntungkan hanya dengan modal pas-pas tetap bisa Anda wujudkan. Ini dia tips memulai dan membangun usaha menguntungkan hanya dengan modal usaha 1 juta:

  • Kenali potensi diri

Susah menemukan ide usaha? Coba kenali dan ketahui apa kemampuan atau keahlian terbaik Anda, yang tidak dimiliki orang lain. Jangan pernah meremehkan potensi yang tertanam pada diri Anda. Bisa jadi keahlian tersebut menjadi jalan untuk Anda menemukan ide bisnis yang cocok dan menguntungkan.

Hal-hal yang dinilai sepele bisa jadi dibutuhkan oleh orang lain. Misalkan keahlian dalam merangkai bunga yang tidak dianugrahkan kepada setiap orang. Jadikan potensi tersebut sebagai sumber keuntungan Anda dalam memulai dan membangun usaha toko bunga.

  • Lihat peluang bisnis sekitar

Dan cara lain untuk menemukan ide bisnis adalah dengan melihat peluang bisnis sekitar. Amati dan temukan kira-kira kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh pasar, yang bisa Anda jadikan lahan untuk memperoleh keuntungan dalam berbisnis.

Misal-nya kebetulan rumah Anda dekat atau sekitaran kampus. Mungkin Anda bisa mulai membangun usaha laundry rumahan yang banyak dicari mahasiswa. Atau bisa juga membuka warung nasi atau katering kecil-kecil dengan harga yang mudah dijangkau oleh anak kos-kosan. Dan untuk menghasilkan makanan yang enak tidak perlu mewah dan biaya mahal. Anda bisa mulai menjajakan menu sederhana seperti nasi goreng, mie tek-tek, dan lain sebagai-nya.

  • Buat konsep bisnis skala kecil

Ide peluang usaha sudah ada, langkah selanjut-nya adalah memikirkan masalah modal. Jika modal usaha yang dimiliki sangat minim alias pas-pasan, Anda tetap bisa menjalankan usaha menguntungkan dengan membuat konsep bisnis skala kecil.

Selalu sesuaikan konsep usaha dengan modal usaha yang dimiliki. Misalkan ingin membuka kedai kopi. Anda bisa mulai membuka dan membangun warung kopi kecil-kecilan, yang tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membangun-nya. Mulailah segala sesuatu-nya dari hal-hal kecil, baru jika usaha yang dijalankan mulai ramai pembeli Anda bisa mulai memikirkan untuk mengembangkan usaha tersebut.

Dan untuk menekan biaya operasional bisnis, Anda bisa menggunakan peralatan yang ada terlebih dahulu. Sebisa mungkin minimalisir pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan, sehingga modal usaha 1 juta yang Anda punya bisa dimaksimalkan untuk membeli kebutuhan pokok yang vital dalam bisnis tersebut.

  • Promosi secara tepat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x