Mohon tunggu...
Edbert Wiratama
Edbert Wiratama Mohon Tunggu... CEO

Seorang Enterpreneur sejati yang merintis bisnis sedari awal dan menikmati segala proses dengan ketekunan dan kesabaran.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Tiga Jenis Produk UKM yang Akan "Hits" di 2018

19 Februari 2018   10:14 Diperbarui: 19 Februari 2018   13:23 0 1 0 Mohon Tunggu...
Tiga Jenis Produk UKM yang Akan "Hits" di 2018
Produk UKM - Ekonomi.Kompas

Produk UKM adalah hal yang paling utama untuk memulai bisnis. Jelas saja, jika Anda tidak memiliki produk yang akan dijual tidak akan bisa bisnis Anda berkembang. Karena menjadi inti dalam membangun usaha, memilih produk yang akan dijual pun tidak bisa asal sembarang pilih. Anda harus mencari keunikan produk atau menyesuaikan dengan kebutuhan target.

Produk UKM (Usaha Kecil dan Menengah) memiliki berbagai jenis pilihan. Selama ini yang kita tahu, produk UKM hanya melingkupi bidang kuliner, seperti keripik, kue kering, dan lain-lain. Nyatanya tidak hanya makanan kok, semacam kerajinan tangan juga dapat Anda jadikan produk UKM, seperti gantungan kunci.

Produk UKM sendiri merupakan benda atau barang yang akan diperjual belikan. Produk sendiri nantinya akan menjadi ikon pertama dari berjalannya usaha Anda. Pentingnya memilih produk juga akan menentukan bisnis Anda ke depannya. Setelah memilih produk, jangan lupa menentukan brandproduk agar dapat segera dipasarkan. Untuk meningkatkan daya beli produk yang baik memiliki kemasan UKM yang menarik perhatian konsumen.

Selain itu, produk UKM harus memiliki manfaat yang positif. Apalagi jika bermanfaat untuk semua kalangan usia, tentu daya minat pembelian akan meningkat. Berbeda dengan produk UKM yang dibatasi yang memiliki batasan usia. Pemasukan Anda juga akan terbatasi karena segmentasi konsumen tidak luas. Lalu apa yang dimaksud produk UKM negatif? Produk ini biasanya mengandung sesuatu yang berbahaya atau dapat menjerumuskan konsumen dan produsen ke jalur hukum, seperti penjualan obat-obatan terlarang namun dikemas sedemikian rupa untuk memanipulasi obat tersebut. Meskipun masih ada konsumen yang membelinya, tetap akan menjerumuskan produsen dan konsumen ke pihak yang berwajib.

Untuk itu, pilihlah produk yang bermanfaat. Jangan sampai karena salah memilih produk malah akan berisiko bangkrutnya bisnis Anda. Keuntungan sementara mungkin dapat Anda rasakan, namun jika tercium pihak kepolisian akan menjadi kerugian yang sangat besar untuk Anda. Tidak hanya kehilangan pekerjaan tapi juga hilangnya kepercayaan diri untuk memulai bisnis lainnya.

Macam-macam produk UKM

  • Kuliner

Kuliner merupakan bisnis UKM pertama yang paling banyak didirikan oleh wirausaha. Karena jenisnya yang banyak, para wirausaha mudah untuk menentukan makanan apa yang akan dijual. Apalagi Indonesia merupakan negara yang kaya akan makanan khas dari berbagai provinsi daerah.Kuliner sendiri bisa menjadi menu makanan ringan atau makanan berat. Makanan ringan yang dapat Anda pilih seperti keripik, kue-kue kering, dan lain-lain. Sedangkan makanan berat Anda bisa membuka jasa katering di rumah. Katering akan sangat berguna lingkungan sekitar Anda mengadakann acara besar. Hal tersebut dapat Anda jadikan peluang dengan memberikan jasa katering.

  • Pakaian

Semakin hari dunia fashion semakin merembah. Banyak orang kreatif tepatnya desainer yang selalu mengembangkan mode pakaian menarik. Ide-ide kreatif tersebut salah satunya didapat dari masyarakat luar negeri, yaitu Korean Style. Negeri gingseng ini semakin menjadi acuan desainer terkemuka untuk membuat tampilan pakaian lebih menarik.

Tampilan menarik tersebut juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia. Di Indonesia sempat heboh pakaian ke pesta dengan menggunakan Pajamas Style. Sekilas terlihat aneh menggunakan baju tidur untuk ke pesta, namun bagi Anda yang ingin tampil unik Pajamas Stylepatut Anda coba.

  • Kerajinan Tangan

Sebenarnya konteks kerajinan tangan sangat meluas, seperti gantungan kunci tadi misalnya. Bentuknya yang kecil bisa Anda buat dari berbagai bahan yang ada. Kerajinan tangan lainnya seperti tas. Tas anyaman yang paling sering ditemukan di berbagai bisnis UKM. Bahan anyaman yang digunakan pun terkadang terbuang dari kemasan bekas yang didaur ulang.

Berikutnya memanfaatkan kain perca menjadi keset. Bisnis ini membuat salah satu wirausaha Irma Suryati sampai ke luar negeri lho. Lebih mengharukannya lagi adalah Irma Suryati merupakan penyandang disabilitas. Waaw, hebat sekali bukan? Penyandang disabilitas saja bisa sukses, bagaimana Anda?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2