Mohon tunggu...
Winda Hendrianingsih
Winda Hendrianingsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

bermain tertawa tumbuh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Media Konvensional dan Media Baru

1 April 2021   19:09 Diperbarui: 1 April 2021   19:09 714
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Saya akan membahas tentang media konvensional dan new media. Sebagai salah satu mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di UAD di mana mahasiswa ilkom dikenal dekat dengan media.  Media juga sangat berkaitan dengan informasi. Informasi itu sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting bagi individu maupun masyarakat di era modern saat ini. Bahkan bisa dikatakan informasi telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Upaya yang dilakukan agar kebutuhan akan informasi tersebut dapat terpenuhi, digunakanlah media massa sebagai alat untuk memperoleh informasi. Media massa merupakan penyebaran informasi kepada khalayak mengenai segala sesuatu yang terjadi.

Sebelum munculnya media baru (new media) pasti kalian mengenal media konvensional. Salah satu bentuk media konvensional adalah surat kabar. Surat kabar merupakan media massa yang paling tua dibandingkan dengan jenis media massa lainnya. Surat kabar juga dianggap sebagai bentuk inovasi yang lebih baik daripada buku yang dicetak, yaitu bentuk literature, sosial, dan budaya baru. kekhususan surat kabar jika dibandingkan dengan sarana komunikasi budaya lainnya, terletak pada individualism, orientasi, pada kenyataan, kegunaan, dan sekularitasnya.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi media massa terus berkembang hingga bisa memunculkan adanya media baru, seperti internet. Adanya persaingan media dan pergeseran gaya hidup menjadi persoalan terhadap eksistensi media konvensional. Banyak perhatian diberikan pada munculnya internet sebagai media berita yang baru, hal ini termasuk kedalam gagasan bahwa kita akan memiliki akses berita yang lebih beragam dan relevan, kita akan memiliki akses kepada berita global, bahwa kita dapat mengintrogasi sendiri sumber beritanya dan belajar lebih banyak melalui interaksi.

Masyarakat pada dasarnya akan memilih media atas dasar pertimbangan yaitu bagaimana keuntungan yang didapatkan dan apa usaha yang harus dilakukan. Sifat-sifat ataupun karakteristik media massa yang meliputi kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh media menjadi alasan mengapa seseorang menyukai lantas menggunakan media tersebut, walaupun pada kenyataannya orang tidak cukup hanya mengkonsumsi satu media saja untuk memperoleh banyak informasi.

Sifat local surat kabar tidak dapat digantikan dengan media online. Surat kabar masih menjadi salah satu media massa utama bagi orang untuk memperoleh berita. Industry surat kabar mengungguli media berita lain di hampir segala aspek. Di sebagian besar komunitas, surat kabar meliputi berita secara lebih mendalam ketimbang media saingannya. Surat kabar mengandung isi yang amat beragam seperti berita, saran, komik, opini, teka-teki silang, dan data. Ini bisa memperkuat popularitas dan pengaruh surat kabar. Namun di sisi lain, proses pencetakan surat kabar memerlukan beberapa tahapan sehingga proses produksinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bagi sebagian orang informasi yang disajikan dianggap sebagai "berita kemarin" yang menyebabkan orang tidak begitu tertarik untuk mengkonsumsi surat kabar sebagai media pemenuh kebutuhan informasi.

Adapun keunggulan yang dimiliki oleh berita online yaitu kecepatan berita yang diberikan kepada pembacanya. Berita-berita yag dimuat pada situs berita selalu up to date sehingga informasinya tidak pernah ketinggalan. Selain itu, penawaran yang diberikan oleh berita online adalah pembaca dapat mengakses informasi secara gratis dan bebas kapan saja di mana saja. Sifat berita online yang menjangkau informasi nasional maupun internasional secara cepat menjadi daya tarik sendiri bagi pembaca online. Namun, ada kalanya kecepatan informasi yang diberikan oleh berita online justru mengesampingkan detail dan juga akurasi berita, karena tujuannya adalah memberikan informasi terkini sebanyak banyaknya kepada pembaca. Yang menjadi kendala atas penggunaan berita online lainnya adalah tidak semua kalangan yang dapat mengakses internet. Berita online hanya dapat diakses bagi masyarakat yang mempunyai alat teknologi yang mendukung adanya jaringan internet untuk mengakses berita secara online. Dengan kata lain, internet masih digunakan oleh sebagian kalangan saja berdasarkan tingkat ekonomi dan kondisi sosial, misalnya bagi kalangan mahasiswa. Meskipun seperti yang diketahui bahwa banyak kalangan muda yang mengabaikan penggunaan surat kabar dan justru memilih berita online sebagai media pemenuhan kebutuhan informsinya.

Potensi positif yang dirasakan oleh media baru apalagi untuk saya sebagai mahasiswi adalah mudahnya mengakses ilmu pengetahuan melalui jurnal, e-book,dan lain sebagainya. Apalagi sekarang di era pandemic yang mana seluruh pelajar dan mahasiswa harus di rumahkan sehingga mungkin kesulitan untuk mendapatkan materi dari media cetak. Adanya media baru bagi pelajar dapat memudahkan mendapat akses untuk setiap mata pelajarannya. Banyaknya informasi yang diperoleh dapat menjadi acuan tugas-tugas yang diberikan. Media baru juga memberikan kemudahan pada setiap pekerjaan dengan cepat dan mudah. Hal ini juga mempermudah dalam komunikasi antar dosen dan mahasiswa.

Hal lain juga dapat dirasakan dari media baru ialah tempat berbisnis online. Banyak kemudahan yang didapatkan baik dari pembeli maupun penjual. Apalagi di era pandemic yang mengharuskan semua pekerjaan di rumah, bahkan ada juga yang di PHK. Apa yang kita cari dapat kita temukan pada media baru dari berbagai platform penjualan seperti shoope, tokopedia, buka lapak,dll. Dengan akses online kita dapat menunggu sebentar barang yang kita butuhkan akan datang langsung ke depan rumah kita. Sekarang di situs penjualan online juga ada fitur COD dimana memudahkan kita untuk membayar barang kita pada saat barang itu sampai di pembeli. Kita juga bisa menggunakan media baru dengan berjualan. Kita dapat dengan mudah memasarkan produk kita dengan menyebarkan iklan pada media baru atau sosial media. Banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dari media baru.

Media konvensional pertama yang saya ketahui adalah radio. Karena saya sering sekali menginap di rumah nenek saya yang tiap pagi ke pagi pasti hanya mendengarkan radio. Di mana saat itu saya sudah tahu apa saja isi yang di jelaskan oleh penyiar radio tersebut. Selang beberapa lama ibu bapak saya membeli sebuah televisi. Dan saat itu juga saya selalu menonton kartun kesukaan saya pada pagi hari. Media konvensional yang saya ketahui juga ada koran dan majalah bobo. Di mana setiap minggu ibu saya selalu memesan koran untuk bapak dan majalah bobo untuk saya.

Sebelum kenal smartphone keluarga saya pernah memakai telepon rumah untuk berkomunikasi. Sering sekali banyak orang yang berdatangan ke rumah untuk ikut menelpon kerabat mereka. Beberapa tahun kemudian baru lah saya mengenal yang namanya smartphone dan hingga saat ini saya menggunakan smartphone untuk membaca berita di berbagai sosial media.

Menurut saya, pada era sekarang teknologi yang semakin canggih lebih diminati oleh khalayak umum, terutama kaum pemuda pemudi. Potensi positif daru media baru adalah informasi yang lebih mudah di dapat dan lebih actual dari media konvensional, informasi yang diterima juga lebih mudah dipahami.

Winda Hendrianingsih

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun