Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

5 Tips Maksimalkan Google Classroom sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh

16 Maret 2021   12:57 Diperbarui: 19 Maret 2021   11:59 701 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Maksimalkan Google Classroom sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh
Google Classroom membantu guru dan siswa di masa pembelajaran jarak jauh (Stefan Meller/Pixabay)

Google Classroom memberikan Guru alat dan sumber daya yang terandalkan agar mampu mengajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh.

Pada artikel ini penulis akan membagikan beberapa tips dasar tentang cara menggunakan Google Classroom, dan mengapa guru akan menyukai aplikasi yang disediakan oleh Google. Sebelum Guru dapat mempelajari cara menggunakan Google Classroom, penting untuk mengetahui lebih banyak tentang apa itu Google Classroom.

Google sendiri mendiskripsikan Google Classroom sebagai "layanan daring yang mengintegrasikan layanan G Suite dengan GDocs, Gmail dan Google Calendar.  Classroom menghemat waktu dan kertas, serta memudahkan untuk membuat kelas, mendistribusikan tugas, serta berkomunikasi. Guru dapat dengan cepat melihat siapa yang telah atau belum menyelesaikan tugas, dan memberikan nilai dan masukan langsung secara real-time langsung lewat Classroom."

1. Membuat Kelas dan Menambah Siswa dengan Google Classroom

Classroom memungkinkan Guru membagi kelas untuk setiap siswa yang diajarnya. Hanya dengan tiga klik mouse dan menekan beberapa tombol, guru dapat membuat kelas online.

Ketika membuka Google Classroom dan mengklik bagian Siswa, Guru dapat melihat semua siswa di kelas Guru. Guru dapat menambahkan siswa ke kelas secara manual, atau mereka dapat bergabung dengan kelas dengan menggunakan akun Google mereka sendiri.

Saat Guru membuat kelas, Google Classroom memberi Guru kode kelas yang terletak di sisi kiri layar. Bagikan kode kelas itu dengan siswa yang Guru inginkan untuk bergabung dengan kelas itu.

Dari komputer, laptop, atau Chromebook, siswa masuk ke akun Google mereka dan menggunakan kode kelas untuk bergabung.

Di bagian Siswa, Guru juga dapat menentukan apakah siswa Guru diizinkan untuk mengomentari pertanyaan, pengumuman, dan tugas yang Guru buat atau apakah mereka hanya dapat memposting. Jika mau, Guru juga dapat memilih partisipan mana yang dapat memposting dan memberi komentar di kelas.

Di bagian Pengumuman, Guru akan menemukan tugas, pengumuman, dan pertanyaan yang Guru buat. Ini adalah bagian di mana Guru akan menghabiskan sebagian besar waktu Guru setelah kelas Guru disiapkan. Baca di bawah untuk mempelajari tentang fitur tugas, pertanyaan, dan pengumuman dalam Google Classroom.

Baca juga: "Nilai Siswa Menurun Selama PJJ, Guru yang Disalahkan?" oleh Mahestha Rastha A

2. Menggunakan Fitur Tugas dari Google Classroom

Fitur Tugas adalah cara terbaik untuk mengumpulkan pekerjaan siswa dan memberikan masukan serta nilai kepada siswa Guru. Saat membuat tugas, Guru dapat memberikan petunjuk khusus untuk tugas tersebut, batas waktu, dan topiknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN