Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menjaga Konsistesi dalam Menulis

31 Januari 2021   06:58 Diperbarui: 31 Januari 2021   07:13 278
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
buku catatan Harian Seorang Guru Blogger/milik pribadi

Seorang peserta yang ikut dalam acara ngobrol santai bareng Omjay, bertanya kepada Mas Ahmad Fuadi. Beliau menuliskannya di menu chat zoom. Namun karena jaringan internet kurang bersahabat, tak semua pertanyaan bisa terjawab dengan baik.

Semalam di hari Sabtu malam minggu, setelah sholat Isya, kami mengadakan acara ngobrol santai bareng Omjay dengan pembicara tamu yaitu Mas Ahmad Fuadi. Beliau penulis novel terkenal dengan bukunya negeri 5 menara. 

Saya selalu mengadakan acara ini rutin setiap hari Sabtu Malam Minggu. Adapun narasumber atau pembicara saya sendiri atau orang lain yang saya undang. Dengan begitu, konten acara akan sellau baru dan menarik. Sebab tema yang diusung selalu kekinian dan menjawab permasalahan yang ada di negara Republik Indonesia.


Ahmad Fuadi Berbagi di PGRI/milik pribadi
Ahmad Fuadi Berbagi di PGRI/milik pribadi
Ternyata membuat buku novel itu tidak sekali jadi. Bahkan perlu waktu tahunan. Anda membutuhkan konsistensi dalam menulis. Dalam menjaga konsistensi dalam menulis ini tidak mudah. Saya menjaganya dengan cara menulis setiap hari. Bedanya, saya menuliskannya setiap hari dan menjelma menjadi buku dengan judul catatan harian seorang guru blogger.

Untuk menjaga konsistensi menulis dalam waktu yang cukup lama, ada caranya. Saya menjadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan. Sama halnya seperti makan dan minum. Saya akan merasa haus dan lapar bila tak membaca dan menulis setiap hari. Oleh karena itu, saya membiasakan diri untuk banyak membaca tulisan orang lain dulu. Baru setelah itu saya menulis dengan tulisan saya sendiri.

buku Blogger ternama/milik pribadi
buku Blogger ternama/milik pribadi
Terkadang saya pergi dari rumah untuk mendapatkan ide dalam menulis. Saat kita jalan-jalan akan banyak ide tulisan mengalir deras. Jadi yang namanya ide dalam menulis itu harus kita ciptakan sendiri dan tak perlu menunggu ide itu datang. 

Tuliskan saja apa yang ada di kepala. Tinggalkan jejak jemari anda di blog. Saya memilih kompasiana untuk menulis setiap hari. Sebab kompasiana semakin banyak pembacanya. Mudah cara menggunakannya.


Biasanya saya memulai menulis dengan 3 alinea. Saya mulai menulis dengan menyapa pembaca di alinea pertama. Setelah itu barulah saya menuliskan cerita atau berita. Mengalir saja. Tak perlu pusing dengan aturan pedoman ejaan. Tuliskan saja dan ide pasti akan datang. Lalu saya menutupnya dengan kalimat perpisahan. Terkadang saya langsung menutupnya dengan kalimat yang membuat penasaran pembaca.

Omjay Guru Blogger Indonesia/dokpri
Omjay Guru Blogger Indonesia/dokpri
Menjaga konsitensi dalam menulis itu mudah. Kalau kita mampu mengalahkan kemalasan diri. Bila menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan, maka bapak dan ibu pasti akan menulis setiap hari. Persoalannya adalah apakah kita mampu membaca setiap hari? Kalau itu sudah dilakukan, pasti bapak ibu akan bisa menulis setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun