Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah karyawan swasta

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Surat Penting untuk Presiden Jokowi

5 Juni 2018   10:13 Diperbarui: 5 Juni 2018   10:40 1033 0 0
Surat Penting untuk Presiden Jokowi
audiensi dengan mendikbud

Jakarta, 04 Juni 2018 

Semoga surat kami dibaca presiden Jokowi, dan perwakilan guru TIK PGRI diterima presidennya. Aamin.

Nomor: 004/IGTIK-PGRI/Audiensi/IV/2018

Lampiran: 1 (satu) berkas

Perihal: Permohonan Audiensi

Kepada Yth,

Bapak Presiden RI

Ir. H. Joko Widodo

Di  Tempat

Assalammu'alaikum Wr, Wb 

Dengan Hormat,

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT,  Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat-Nya, khususnya nikmat sehat sehingga kita dapat  menjalankan aktivitas sehari-hari. Aamiin.

Sebelumnya kami dari Ikatan Guru TIK mengucapkan terima kasih atas sambutan bapak dalam rembuk nasional pendidikan.  Bapak ingin sekolah mengajarkan penguasaan Teknologi Informasi (IT) kepada para murid. Hal ini dikatakan bapak Presiden saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Kamis (26/1/2017). Rekaman Videonya dapat dilihat di bawah ini:

Namun sayangnya, mata pelajaran TIK justru dihapuskan dalam kurikulum 2013. Kemudian diganti mata pelajaran baru yang bernama PRAKARYA. Hanya presiden Jokowi yang bisa mengembalikan mata pelajaran ini dengan peraturan presiden atau keputusan presiden.

Ikatan Guru TIK PGRI merupakan organisasi yang mewadahi Guru-guru TIK se-Indonesia yang berjumlah 33.818 orang. IGTIK PGRI bekerjasama dengan Onno Center, Eduspec Indonesia, Klub Robotik, dan Clevio telah sukses mengadakan kegiatan Olimpiade TIK Nasional (OTN) untuk siswa-siswi Indonesia dari jenjang SD/SMP/SMA/SMK sederajat. 

Kami juga telah sukses mengadakan roadshow workshop elearning ke 37 kota besar di Indonesia. Semua kegiatan dilakukan secara mandiri bersama PB PGRI agar TIK kembali sebagai mata pelajaran lagi dalam era revolusi Industri 4.0. TIK penting diajarkan sejak dini kepada anak Indonesia.

Kami juga telah mendapat dukungan dari menteri Perindustrian Bapak Ir. H. Airlangga Hartanto, MBA, MMT karena TIK sejalan dengan program industri, dan kawan kawan dosen di perguruan tinggi.  Selain itu kami juga telah bertemu dengan Mendikbud, Prof Muhadjir Effendy. Namun beliau beelum berani mengembalikan TIK sebagai mata pelajaran.

Oleh karena itu kami mohon izin bertemu bapak presiden untuk beraudiensi dan sekaligus meminta dukungan bapak presiden agar mata pelajaran TIK dikembalikan dalam struktur kurikulum 2013. Mata pelajaran ini masih sangat dibutuhkan oleh siswa di sekolah. 

jajak-pendapat-terbaru-5b1607435e137353ff41edf4.jpg
jajak-pendapat-terbaru-5b1607435e137353ff41edf4.jpg
Dari berbagai survey yang kami lakukan, hampir 100 % guru, ortu, dan siswa ingin TIK kembali sebagai mata pelajaran seperti dalam kurikulum 2006. Saat ini kami telah menyusun materi TIK terbaru dengan biaya mandiri bersama Onno Center untuk kemajuan TIK di negara Indonesia, sehingga tidak tertinggal dengan negara lainnya.

omjay-jokowi-5b1601915e137317ad3febf2.jpg
omjay-jokowi-5b1601915e137317ad3febf2.jpg
Adapun waktu pertemuan perwakilan guru TIK dengan Pak Jokowi mengikuti jadwal kegiatan bapak presiden, dan kami menyesuaikannya. Demikian surat permohonan audiensi ini kami sampaikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2