Mohon tunggu...
rion wahyono
rion wahyono Mohon Tunggu... Assalamualaikum

Seorang pemuda biasa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hak Asasi Manusia

14 Juni 2021   10:50 Diperbarui: 14 Juni 2021   10:53 30 1 0 Mohon Tunggu...

SEJARAH HAK ASASI MANUSIA
Awalnya, orang memiliki hak hanya karena keanggotaan mereka dalam suatu kelompok, seperti keluarga. Kemudian, pada tahun 539 SM, Koresh yang Agung, setelah menaklukkan kota Babel, melakukan sesuatu yang sama sekali tidak terduga---ia membebaskan semua budak untuk pulang. Selain itu, ia menyatakan orang harus memilih agama mereka sendiri. Cyrus Cylinder, sebuah lempengan tanah liat yang berisi pernyataannya, adalah deklarasi hak asasi manusia pertama dalam sejarah.
Ide hak asasi manusia menyebar dengan cepat ke India, Yunani dan akhirnya Roma. Kemajuan paling penting sejak saat itu termasuk:

1215: Magna Carta ---memberi orang hak baru dan membuat raja tunduk pada hukum.

1628: Permohonan Hak ---menetapkan hak-hak rakyat.

1776: Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat --- memproklamirkan hak untuk hidup, kebebasan dan mengejar kebahagiaan.

1789: Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara ---sebuah dokumen Prancis, yang menyatakan bahwa semua warga negara sama di mata hukum.

1948: Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia--- dokumen pertama yang mencantumkan 30 hak yang menjadi hak setiap orang.
PBB
Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terbentuk pada tahun 1945, tak lama setelah berakhirnya Perang Dunia II.
Tujuan yang dinyatakan dari PBB adalah untuk membawa perdamaian bagi semua bangsa di dunia. Setelah Perang Dunia II, sebuah komite yang terdiri dari orang-orang yang dipimpin oleh Ny. Eleanor Roosevelt, istri Presiden AS Franklin D. Roosevelt, menulis sebuah dokumen khusus yang "menyatakan" hak-hak yang harus dimiliki setiap orang di seluruh dunia---Deklarasi Universal Manusia Hak. Saat ini ada 192 negara anggota PBB, yang semuanya telah menandatangani kesepakatan dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.
Di Mana Hak Universal Dimulai?
"Di tempat-tempat kecil, dekat dengan rumah---begitu dekat dan sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat di peta dunia mana pun. Namun, itu adalah dunia individu; lingkungan tempat dia tinggal; sekolah atau perguruan tinggi tempat dia bersekolah; pabrik, pertanian atau kantor tempat dia bekerja. Itulah tempat di mana setiap pria, wanita, dan anak mencari keadilan yang sama, kesempatan yang sama, martabat yang sama tanpa diskriminasi. Kecuali jika hak-hak ini memiliki arti di sana, mereka tidak memiliki arti di mana pun. Tanpa tindakan warga yang terpadu untuk menegakkan mereka dekat dengan rumah, kita akan sia-sia mencari kemajuan di dunia yang lebih besar."
---Eleanor Roosevelt, istri Presiden AS Franklin D. Roosevelt, dan Ketua Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menulis Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948.

Versi sederhana
dari 30 Pasal Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia ini dibuat khusus untuk kaum muda.

1
Kita Semua Lahir Bebas & Setara. Kita semua dilahirkan bebas. Kita semua memiliki pemikiran dan ide kita sendiri. Kita semua harus diperlakukan dengan cara yang sama.

2
Jangan Diskriminasi. Hak-hak ini milik semua orang, apapun perbedaan kita.

3
Hak untuk Hidup.Kita semua memiliki hak untuk hidup, dan untuk hidup dalam kebebasan dan keamanan.

4
Tidak ada Perbudakan. Tidak ada yang berhak menjadikan kita budak . Kita tidak bisa menjadikan siapa pun sebagai budak kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN