Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual, Media Video Animasi Yang Menarik dan Metode TPR untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengemukakan Ide / Gagasan Secara Lisan pada Materi "Simple Instructions on Part of Body" bagi Siswa Kelas 2 di SD Negeri 1 Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung.
Lokasi : SD NEGERI 1 KAMPUNGDALEM
Lingkup Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Penulis : WAHYU ADI PRATIWI, S.S
Tanggal : 10 -- 13 Desember 2022
Tujuan yang ingin dicapai :Â
- Dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual, metode TPR dan media berupa video animasi yang menarik tentang "Part of Body & Simple Instructions" dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan ide / gagasan secara lisan pada siswa Kelas 2 di SD Negeri 1 Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung
Latar Belakang
Hasil observasi di lapangan, pada pembelajaran Bahasa Inggris khususnya dalam mengemukakan ide / gagasan secara lisan, rasa antusias siswa kurang karena tidak menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat.
Melalui hasil wawancara yang telah dilakukan, kurangnya rasa antusias dan kemampuan siswa dalam menyampaikan ide / gagasan secara lisan bisa diatasi dengan penggunaan metode Total Physical Response (TPR) dan media pembelajaran berupa video animasi yang menarik.
Metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) yang dipadukan dengan lagu selain sangat mudah dipraktikkan oleh guru, juga bisa menstimulasi siswa untuk aktif bergerak dan siswa juga jauh lebih cepat dalam memahami kosakata terutama tentang kata perintah. Sementara media berupa video animasi yang menarik dapat memunculkan ketertarikan siswa dengan materi yang disampaikan.