Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Es Pisang Ijo, Sajian Segar untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

27 Maret 2022   18:40 Diperbarui: 3 April 2022   12:58 1382
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Es Pisang Ijo, sajian segar untuk berbuka puasa di bulan Ramadan. | Foto: Wahyu Sapta.

Puasa sebentar lagi. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadan, bulan yang istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia.

Banyak cara yang dilakukan dalam menyambut bulan suci ini. Jauh-jauh hari telah tampak persiapan. Tentu saja persiapan mental untuk menyambutnya, dengan memperbanyak ibadah, karena Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah, bulan di mana segala ibadah dan amalan akan dilipat gandakan pahalanya. 

Di samping itu, ada juga persiapan lainnya. Bagi seorang ibu dalam menyambut bulan suci ini, berarti juga mempersiapkan bahan makanan dengan berbelanja lebih banyak dari biasanya. Mereka melakukannya sebelum hari H puasa. Bahkan mungkin satu minggu sebelumnya. 

Persiapan ini untuk memenuhi kebutuhan buka dan sahur. Istilah jawanya, "siap ngebaki kulkas" atau persiapan membuat penuh isi kulkas. Hehehe... sebenarnya ini bukan arti yang sebenarnya. Bukan juga yang harus berlebihan. Hanya sebuah istilah saja, karena persiapannya lebih istimewa dari hari biasa.

Apalagi sekarang semua bahan harganya beranjak naik. Untuk itu, harus dipikirkan juga kondisi keuangan, agar tidak memberatkan. Sesuaikan dengan kebutuhan, agar tidak boros dan jangan membeli bahan yang tidak begitu dibutuhkan. 

Sebisa mungkin, saat sempat, memasak sendiri di rumah. Disamping lebih hemat, juga terjaga kebersihannya. Kita juga lebih bisa memantau bahan apa saja yang digunakan, karena kita biasanya memakai bahan yang terpilih untuk menyajikannya.

Pada bulan ramadan, masakan dibuat sedikit lebih istimewa. Hal ini dimaksudkan agar putra putri yang sedang berpuasa lebih bersemangat menjalankannya. Apalagi jika di dalam rumah ada anak-anak yang baru latihan berpuasa. Pastinya dengan sajian yang menarik, mereka lebih bersemangat lagi dalam berpuasa.

Termasuk saat menyajikan sajian pembuka untuk berbuka. Masakan yang manis-manis seakan wajib sebagai sajian di atas meja. 

Saya ingin berbagi resep Es Pisang Ijo sebagai sajian segar untuk berbuka puasa di bulan ramadan. Bahannya mudah dicari, juga gampang bikinnya. Praktis, juga enak. Murmer karena membuat sendiri di rumah.

Sajian manis yang merupakan kuliner Makassar, banyak disajikan saat bulan ramadan tiba. Pas sekali, kan? Nggak ada salahnya jika kita coba saat menyajikan untuk berbuka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun