Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Nasi Ayam Semarangan, Menu Sarapan yang Sedap

2 Agustus 2019   11:41 Diperbarui: 4 Agustus 2019   08:51 0 22 9 Mohon Tunggu...
Nasi Ayam Semarangan, Menu Sarapan yang Sedap
Sepiring Nasi Ayam Semarangan, segar dan sedap. |Foto: dokumentasi Wahyu Sapta

Semarang, memang ngangeni, kata saya. Hehehe... Demikian pula kulinernya. Ada banyak kuliner yang bisa diburu saat berkunjung ke Semarang. Lumpia, Bandeng Presto, Tahu Gimbal, Mie Kopyok, dan masih banyak lagi. Termasuk juga Nasi Ayam Semarangan. Nah, pernah merasakan belum?

Jika pagi hari, banyak menu yang bisa dicari saat di Semarang. Tidak usah bingung ketika mau sarapan. Ada soto Semarang, nasi pindang, juga nasi ayam ini. Nasi Ayam Semarangan merupakan kuliner khas Semarang yang telah lama ada dan ikonik.

Banyak tempat yang bisa disinggahi untuk mendapatkan nasi ayam. Cukup mudah untuk mencarinya di sekitaran Semarang. Misalnya, di Simpang Lima area pertokoan arah Pleburan, daerah Puri Anjasmoro, Jalan MT Haryono Peterongan, atau beberapa daerah sekitar Semarang lainnya, karena cukup banyak yang menjualnya.

Harga yang ditawarkan tiap porsi bervariatif. Antara 10.000 hingga 25.000 rupiah, tergantung kelengkapannya. Misalnya memakai ayam suwir atau ayam potongan utuh. Memang cocok untuk menu sarapan, tetapi tidak menutup kemungkinan menyantapnya di siang atau malam hari. Tetap sedap.

Nah, namanya memang Nasi Ayam, tetapi penampakannya bukan hanya nasi dan ayam saja. Sajian Nasi Ayam Semarangan ini sekilas mirip dengan Nasi Liwet Solo. 

Terdiri dari nasi gurih, ayam suwir, tahu bacem kuning, telur bacem, dan sayur labu yang dimasak setengah pedas berwarna merah. Kadang juga disertai krecek. Kemudian diberi kuah opor yang encer dan sedikit areh santan di atasnya.

Rasanya gurih manis. Segar dan mengenyangkan, karena nasi yang disajikan merupakan nasi gurih. Biasanya, untuk teman nasi ayam ada sate usus, sate urit, sate hati ampela, dan sate telur puyuh sebagai pelengkapnya. Juga aneka gorengan.

Rasa sajian nasi ayam tidak neg meski memakai nasi gurih dan kuah opor yang bersantan. Karena santan yang digunakan adalah santan bening. Bumbu opornya juga ringan, tidak terlalu menyeruak aromanya. Sedap tentunya. Aroma tradisionalnya menonjol. Wangi daun salamnya tercium harum.

Nah, mumpung weekend ceria dan libur akhir pekan, bagaimana jika mencoba membuatnya sendiri di rumah? Memang agak ribet, karena terdiri dari beberapa masakan. Tetapi cukup mudah loh membuatnya. Bahan utamanya santan kelapa, beras, ayam, tahu, telur, sayur labu, krecek jika suka, bahan untuk sate, dan bumbu-bumbu.

Siapkan bahan dan bumbunya terlebih dahulu untuk mempermudah dalam memasak.

1. Nasi Gurih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3