Mohon tunggu...
HIMUN ZUHRI
HIMUN ZUHRI Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis dan Penulis

Himun Zuhri seorang aktivis yang saat ini sebagai kuli tinta

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

"Ngurus" Administrasi Kependudukan di Dukcapil Merangin, Benar "Selesai" dalam Genggaman

24 Maret 2020   17:06 Diperbarui: 24 Maret 2020   17:42 572
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kadisdukcapil Merangin Jailani saat menyerahkan KK, KIA dan Akta Kelahiran milik keluarga Himun Zuhri | dokpri

MERANGIN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Merangin dibawah kepemimpinan Jailani terus berbenah guna meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang lebih cepat dan mudah bagi seluruh warga bumi tali undang tambang teliti.

Inovasi teranyar, hari ini Dukcapil telah membuka layanan Adminduk secara online, dan bangga rasanya saya sebagai warga Merangin pertama yang memanfaatkan layanan dalam jaringan ini (Daring). Jujur, saya merasa puas dilayani secara simple ini.

Dan saya bersaksi, bahwa dalam pengurusan adminduk yang saya butuhkan hari ini ternyata benar selesai hanya dalam "genggaman" dan tak salah Dukcapil mengkampanyekan istilah SIPEDANG (Sistem Pelayanan Dalam Genggaman).

Mengapa saya katakan selesai dalam genggaman, semua proses pengajuan adminduk yang saya sampaikan melaui andorid tua saya, termasuk persyaratan yang dibutuhkan, seperti KK dan Akta Nikah, cukup dipoto dan diupload kedalam menu yang telah tersedia. Gampang banget.

Dan berkat website ini, saya tak perlu buka komputer/laptop, apalagi harus "kulu-kilir" datang ke kantor Dukcapil urus syarat ini, syarat itu. Kecuali saya datang untuk menjemput KK, Akta Kelahiran dan KIA anak saya yang telah dicetak pihak Dukcapil.

Dan, lebih nyamannya lagi, dalam pelayanan ini kita diberikan notifikasi langsung melalui email dan nomor HP yang terlebih dahulu telah kita daftarkan saat pertama kita registari akun sebelum kita bisa berselancar. Disamping kita disediakan kontak admin jika ada yang ingin ditanyakan.

Dari permohonan awal kita ajukan hingga proses selesai dan adminduk yang kita butuhkan telah bisa diambil, kita selalu diberitahukan perkembangannya, begitu terasa bahwa proses ini cepat dan transparan.

Hanya saja, istimewanya saya mengambil, KK, KIA dan Akte Lahir putri saya ini, penyerahannya langsung oleh kepala Disdukcapil Merangin Jailani, bukan perlakuan khusus sich, karena saya orang pertama saja yang melakukan pengurusan melalui online ini. Sejarah sudah mencatat.


dokpri
dokpri
Melalui website 

http://dukcapil.meranginkab.go.id:1577/

warga Merangin kini sudah bisa berselancar dengan sajian menu yang nyaris lengkap untuk mengurus seluruh jenis adminsitrasi kependudukan, seperti pengajuan akta kelahiran, akta kematian, perubahan KK, pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).


Tak cukup hanya itu, kita juga bisa melakukan pengecekan ketersedian blangko KTP, Permohonan Pindah, pengaduan soal layanan Dukcapil, cek status KTP, dan kita dapat melihat indek kepuasan masyarakat terhadap layanan Dukcapil Merangin.

Saat saya tanya kepada Kadisdukcapil usai penyerahan secara resmi, he. apakah layanan ini dibuat Dukcapil Merangin khusus dalam upaya mencegah Covid-19 dengan anjuran kita harus 'sosial discasting'? sementara dilain persoalan pihaknya tetap harus melayani masyarakat Merangin.

Dikatakan Jailani, soal layanan online kaitan dengan wabah Corona ini kebetulan saja, namun ini menjadi solusi luar biasa, dan inovasi ini sudah disediakan jauh sebelumnya sesuai dengan Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring.

Melalui momen ini, Jailani menghimbau dan meminta agar masyarakat dapat memanfaatkan website ini bagi yang membutuhkan pelayanan adminduk di Dukcapil Merangin. Sekaligus dapat menghindari kerumunan warga yangmana kondisi dunia saat ini sungguh dianjurkan.

Bahkan kedepan kata pria yang akrab disapa Manjong Jai ini, pelayanan online akan ditingkatkan, tak hanya bisa mengurus secara mandiri, juga bisa pengurusan di desa, bahkan beberapa adminduk bisa dicetak langsung didesa tersebut.

Hal ini mengantisipasi, adanya warga yang ingin mendapat pelayanan Dukcapil namun yang bersangkutan masih gagap teknologi. Namun demikian Dukcapil Merangin masih melayani Adminduk secara manual.

Namun sebaiknya mari kita manfaatkan teknologi informasi ini yang cepat, murah, efektif juga efisien. Bagi saya sudah terbukti.

Semoga layanan online ini terus ditingkatkan dari semua aspek, baik dari sisi pengembangan website-nya dan kemudahan warga dalam mengakses informasi-informasi terbaru seputaran Adminduk.

Agar kiranya, stigma Dukcapil yang agak populer dengan sebutan urusan ribet, berbelit-belit, ada aroma pungli dapat terbantahkan secara paripurna dan Dukcapil Merangin dapat mewujudkan good and clean goverment.

Penulis : Himun Zuhri
Bangko, 24 Maret 2020

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun