Mohon tunggu...
KOMENTAR
Birokrasi

"Ngurus" Administrasi Kependudukan di Dukcapil Merangin, Benar "Selesai" dalam Genggaman

24 Maret 2020   17:06 Diperbarui: 24 Maret 2020   17:42 190 0

MERANGIN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Merangin dibawah kepemimpinan Jailani terus berbenah guna meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang lebih cepat dan mudah bagi seluruh warga bumi tali undang tambang teliti.

Inovasi teranyar, hari ini Dukcapil telah membuka layanan Adminduk secara online, dan bangga rasanya saya sebagai warga Merangin pertama yang memanfaatkan layanan dalam jaringan ini (Daring). Jujur, saya merasa puas dilayani secara simple ini.

Dan saya bersaksi, bahwa dalam pengurusan adminduk yang saya butuhkan hari ini ternyata benar selesai hanya dalam "genggaman" dan tak salah Dukcapil mengkampanyekan istilah SIPEDANG (Sistem Pelayanan Dalam Genggaman).

Mengapa saya katakan selesai dalam genggaman, semua proses pengajuan adminduk yang saya sampaikan melaui andorid tua saya, termasuk persyaratan yang dibutuhkan, seperti KK dan Akta Nikah, cukup dipoto dan diupload kedalam menu yang telah tersedia. Gampang banget.

Dan berkat website ini, saya tak perlu buka komputer/laptop, apalagi harus "kulu-kilir" datang ke kantor Dukcapil urus syarat ini, syarat itu. Kecuali saya datang untuk menjemput KK, Akta Kelahiran dan KIA anak saya yang telah dicetak pihak Dukcapil.

Dan, lebih nyamannya lagi, dalam pelayanan ini kita diberikan notifikasi langsung melalui email dan nomor HP yang terlebih dahulu telah kita daftarkan saat pertama kita registari akun sebelum kita bisa berselancar. Disamping kita disediakan kontak admin jika ada yang ingin ditanyakan.

Dari permohonan awal kita ajukan hingga proses selesai dan adminduk yang kita butuhkan telah bisa diambil, kita selalu diberitahukan perkembangannya, begitu terasa bahwa proses ini cepat dan transparan.

Hanya saja, istimewanya saya mengambil, KK, KIA dan Akte Lahir putri saya ini, penyerahannya langsung oleh kepala Disdukcapil Merangin Jailani, bukan perlakuan khusus sich, karena saya orang pertama saja yang melakukan pengurusan melalui online ini. Sejarah sudah mencatat.

KEMBALI KE ARTIKEL