Mohon tunggu...
Vivi mirahwati
Vivi mirahwati Mohon Tunggu... Lainnya - Dosen : Prof Dr. Apollo, M.Si,Ak, Nim : 55521110006, Magister Akuntansi, UMB
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mangement Perpajakan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

K12_Penentuan Harga Transfer Multinasional AS

9 Juni 2022   00:01 Diperbarui: 9 Juni 2022   00:09 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Berdasarkan Jurnal "Transfer Pricing Determinants of US Multinationals"

Dijabarkan sebagai berikut :

Sebuah perusahaan multinasional pasti berurusan dengan kompleksitas perbedaan budaya dan politik, peraturan pajak, pembatasan ekspor-impor, kontrol atas transfer dana, dan berbagai pembatasan lain yang dirancang oleh suatu negara. Dimana hal itu untuk melindungi kepentingan ekonomi nasional mereka. Ini merupakan tantangan bagi perusahaan multinasional adalah merancang strategi penetapan harga transfer yang secara tepat memberikan penghargaan kepada manajemen unit di luar negeri dan juga mengatasi berbagai batasan hukum, budaya, dan ekonomi di suatu negara . Strategi penetapan harga transfer internasional dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok:

  • Yang berbasis pasar dan
  • Yang berbasis nonpasar.

Penetapan harga transfer berbasis pasar menggunakan harga pasar yang berlaku untuk pertukaran produk dalam suatu perusahaan. Karena harga ini ditentukan pasar, maka harga tersebut dianggap objektif dan tidak dapat dimanipulasi oleh unit penjual. Akibatnya, penggunaan strategi penetapan harga transfer berbasis pasar mendorong unit penjualan menjadi efisien agar dapat menjual pada harga pasar dan juga meminimalkan konflik antar divisi mengenai pemilihan harga transfer yang wajar.

Penelitian empiris tentang transfer pricing internasional telah difokuskan pada isu-isu berikut:

(1) penentuan harga transfer,

(2) perilaku transfer pricing perusahaan multinasional di negara yang berbeda, dan

(3) pemeriksaan pengaruh yang berbeda faktor, baik di rumah dan di negara tuan rumah, pada pemilihan strategi harga transfer.

Sehubungan dengan penentuan harga transfer, Business International Corporation melaporkan bahwa perusahaan multinasional AS sebagian besar menentukan harga transfer berdasarkan biaya produksi lokal ditambah markup tetap, atau biaya produksi unit manufaktur yang paling efisien dalam grup perusahaan ditambah markup tetap, terlepas dari biaya pabrik individu.

Analisis faktor digunakan untuk mengidentifikasi faktor penentu utama harga transfer ada 4 yaitu

- faktor politik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun