Mohon tunggu...
Vita Priyambada
Vita Priyambada Mohon Tunggu... Literasi

Penulis dan filatelis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Musyawarah Nasional Pertama KoFKI

20 April 2018   21:26 Diperbarui: 20 April 2018   21:38 0 0 0 Mohon Tunggu...
Musyawarah Nasional Pertama KoFKI
Dokumentasi Pribadi

KoFKI (Komunitas Filateli Kreatif Indonesia) merupakan komunitas yang dibentuk untuk memperkenalkan filateli kepada generasi milenial yang tidak lagi mengenal prangko, benda-benda filateli dan surat menyurat. 

Pengenalan dilakukan dengan mengadakan kunjungan dan pelatihan untuk siswa-siswa SD dan SMP. Dalam acara-acara tertentu, misalnya ulang tahun PFI (Perkumpulan Filatelis Indonesia) dan KoFKI, hari ulang tahun kota Jakarta dan acara lain, diadakan lomba yang berkaitan dengan filateli kreatif. 

Lomba-lomba ini seperti adalah lomba menyusun prangko dan benda filateli; lomba mengarang cerita dengan prangko dan lomba desain kartu pos.

Pada 29 Maret 2018 KoFKI berusia enam tahun. Serangkaian kegiatan untuk memeriahkan hari jadinya antara lain mengadakan musyawarah nasional yang pertama bertempat di Gedung Filateli Jakarta, Jumat 30 Maret 2018. Musyawarah ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat  (PP) PFI, Gita Noviandi.

Musyawarah nasional ini dihadiri antara lain oleh penasehat KoFKI Pusat, H. Lutfie Hasbullah Jusuf, pengurus pusat, ketua dan pengurus KoFKI cabang, serta ketua dan pengurus KoFKI wilayah. 

Sidang dipimpin oleh Awaluddin Haldi, ketua KoFKI wilayah Jambi. Setelah laporan pertanggungjawaban kepengurusan periode sebelumnya dibacakan oleh sekretaris umum, Rochmah Charmim, dilanjutkan dengan pemilihan ketua umum. Dengan suara bulat, Mohamad Rizal, terpilih kembali sebagai Ketua Umum periode 2018-2023.

Tanggal 29 Maret juga merupakan peringatan ulang tahun PFI ke-96. Acara puncak ulang tahun PFI dan KoFKI diselenggarakan pada Sabtu, 31 Maret 2018 di gedung yang sama dengan lomba-lomba filateli kreatif. Beberapa sekolah dari Depok, Bogor, Jakarta, dan Bekasi turut serta dalam lomba yang diadakan. 

Pada kesempatan itu ketua umum PP PFI, Fadli Zon, melantik susunan pengurus KoFKI periode 2018 -- 2023.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x