Mohon tunggu...
Viola Wahyuni
Viola Wahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Semua butuh proses

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal tentang Teman Sebaya, Bermain dan Permainan

12 Oktober 2021   07:03 Diperbarui: 12 Oktober 2021   07:16 138 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar anak (beritasatu.com)

Jauhkanlah anak-anak kalian dari teman-teman yang buruk, sebelum mereka mempengaruhi anak kalian seperti baju yang dicelup pewarna.

apa yang dimaksud teman sebaya?

Teman sebaya adalah tempat memperoleh informasi yang tidak didapat dalam keluarga, tempat menambah kemampuan dan tempat kedua setelah keluarga yang mengarahkan dirinya menuju perilaku yang baik serta memberikan masukan atau koreksi terhadap kekurangan yang dimilikinya.

Perkembangan psikososial dan kepribadian sejak usia prasekolah hingga akhir masa sekolah ditandai oleh semakin meluasnya pergaulan sosial, terutama dengan teman sebaya. 

Teman sebaya (peer) sebagai sebuah kelompok sosial sering didefinisikan sebagai semua orang yang memiliki kesamaan sosial atau yang memiliki kesamaan ciri-ciri, seperti kesamaan singkat usia (Hetherington&parke, 1981). Akan tetapi, belakangan definisi teman sebaya lebih ditekankan pada kesamaan tingkah laku atau psikologis (lewis & rosenblun, 1975).

Sejumlah penelitian telah merekomendasikan betapa hubungan sosial dengan teman sebaya memiliki arti yang sangat penting bagi perkembangan pribadi anak. 

Salah satu fungsi kelompok teman sebaya yang paling penting ialah menyediakan suatu sumber informasi dan perbandingan tentang dunia diluar keluarga. Anak-anak menerima umpan balik tentang kemampuan-kemampuan mereka dari kelompok teman sebaya. Anak-anak mengevaluasi apakah yang mereka lakukan lebih baik, sama atau lebih jelek dari yang dilakukan anak-anak lain.

Seperti halnya dengan masa awal anak-anak, berinteraksi dengan teman sebaya merupakan aktivitas yang banyak menyita waktu anak selama masa pertengahan dan akhir anak-anak. 

Barker dan vright (dalam Santrock, 1995) mencatat bahwa anak-anak usia 2 tahun menghabiskan 10% dari waktu siangnya untuk berinteraksi dengan teman sebaya. Pada anak usia 4 tahun, waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan teman sebaya memukai menjadi 20%. Sedangkan anak usia 7 hingga 11 meluangkan lebih dari 40% waktunya untuk berinteraksi dengan teman sebaya.

Teman sebaya memiliki banyak manfaat yaitu:

  • Dapat mengatur emosinya
  • Membentuk jati diri anak
  • Membuat mental lebih sehat

Anak memiliki berbagai fungsi bermain dengan teman sebaya yaitu anak bisa mengetahui terdapat lingkungan dan mengenalkan lingkungan sosial disekitarnya, anak bisa mendapatkan kemampuan baru yang didapatkan oleh teman sebayanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan