Mohon tunggu...
Vincensius Manalu
Vincensius Manalu Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, FISIP UNDIP

Tertarik pada bidang paduan suara, musik dan travelling

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Mahasiswa Undip Inisiasi Educational Tourism pada Makam Pahlawan Desa Wates

15 Februari 2020   02:27 Diperbarui: 15 Februari 2020   02:27 3 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa Undip Inisiasi Educational Tourism pada Makam Pahlawan Desa Wates
dok. pribadi

(Wates,3/02) Tim I KKN Undip Desa Wates mengadakan pemaparan seputar program multidisiplin yang berjudul "Inisiasi Desain dan Eksekusi Spot Photobooth "Getasan A Piece of Paradise" pada Edu-Wisata Gardu Pandang Area Taman Makam Pahlawan Desa Wates" di Balai pertemuan PKK Kantor Desa Wates.

Dalam pemaparan program ini, terlihat antusiasme yang tinggi dari perangkat Desa untuk melihat dan mendengar penjelasan mengenai Grand Design Taman makam pahlawan. Pertemuan kali ini dihadiri oleh Ketua BPD Desa Wates, Perangkat Desa dan Kepala Desa Wates.Program multidisiplin adalah program yang mengkolaborasikan beberapa cabang ilmu yang berbeda, kemudian diintegrasikan ke dalam satu program bersama. Pada program multidisiplin ini, tajuk utamanya adalah revitalisasi Taman Makam Pahlawan untuk menjadi tempat eduwisata yang berbasis ekoligis dan historis.

Pada desain yang dibuat, terdapat gardu pandang sekaligus sebagai tempat photobooth, rumah pintar untuk menanamkan nilai-nilai historis serta kawasan sampah terintegrasi.

Taman Makam Pahlawan sering dilalui kendaraan bermotor sehingga potensi banyaknya turis yang mungkin akan berkunjung besar. Dalam pembuatan desain tersebut,Tim I KKN Undip Desa Wates telah melakukan beberapa kali audiensi kepada perangkat desa.

Acara dimulai dengan melakukan pemaparan mengenai konse kepada perangkat desa. Presentasi dibuka dengan pengenalan dari mahasiswa KKN, kemudian penjelasan garis besar desain dari Rieziq, penjaringan kerjasama dan peraturan daerah dari Vincen, keadaan gawat darurat dari Selina, kawasan konservatif dari Istiqomah dan visualisasi konsep Taman Makan Pahlawan dari Rainy. 

dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
Pada akhirnya, konsep inisiasi redesign taman makam pahlawan disetujui untuk kemudian dialokasikan pada Rancangan Dana Desa tahun ini.

Pak Darto selaku Kepala Desa Wates menuturkan "semoga apa yang anak-anak mahasiswa KKN Undip lakukan dengan membuat desain Taman Makan Pahlawan ini nantinya bisa direalisasikan, kemudian ketika anak-anak lewat di Desa Wates dapat melihat hasil karya yang luar biasa dari kalian semua".

Setelah acara selesai dilanjutkan dengan penyerahan lembar kerja dan panel karya sebaai panduan perangkat Desa dalam implementasi dan pengerjaan taman makam pahlawan nantinya.

VIDEO PILIHAN