Mohon tunggu...
Evi Yuniati
Evi Yuniati Mohon Tunggu...

Bermimpi, bercita-cita menjadi penulis...

Selanjutnya

Tutup

Digital

Internet Sehat

1 Desember 2014   23:05 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:19 52 0 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang sudah kita sama-sama tahu bahwa saat ini kita sudah berada di era yang begitu canggih. Semua akses informasi apapun bisa kita dapatkan hanya dengan satu "klik". Internet. Itulah sarana penghubung di dunia maya. Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").---> Sumber: wikipedia

Para pengguna internet tersebut bisa menggunakannya untuk hal-hal positif ataupun negatif. Dalam hal ini saya tidak akan menyinggung hal-hal yang negatif. Karena selama menggunakan jasa internet ini, saya menemukan banyak hal-hal positif. Banyak informasi yang saya dapatkan sesuai kebutuhan.

Untuk mengakses internet memang diperlukan biaya dan itu tergantung dari besarnya kapasitas (per kilobyte) yang di unduh. Saat ini di Indonesia sudah banyak operator yang menawarkan paket internet untuk mempermudah akses penggunanya. Indosat menawarkan paket internet gratis selama setahun yang buat saya sangat membantu.

Dengan akses internet gratis selama setahun, saya bisa mengenalkan manfaat Blog, yaitu situs web yang dapat  memuat tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) dan biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.---> sumber : wikipedia kepada siswa-siswa Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan dan juga kepada ibu-ibu yang punya suatu produk atau informasi yang bisa di bagi kepada orang lain.

Kenapa Blog? Karena, saat ini sudah banyak blogger-blogger yang berkumpul dalam satu komunitas dan bisa berbagi informasi bermanfaat. Juga karena saya sempat berbincang dengan salah seorang ibu yang ternyata beliau memiliki kemampuan membuat mainan edukasi untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) beserta dengan cara memakainya, manfaatnya. Selama ini tulisan-tulisannya hanya disimpan di Microsoft Words. Ibu itu punya blog yang dibuatkan oleh anaknya. Karena lama nggak dibuka lagi, sampai akhirnya beliau tidak bisa mengakses blog tersebut. Saya sarankan kepada beliau untuk membuat blog baru dan saya akan bantu memandu penulisan di blog tersebut. Saya juga sedang membujuk teman kantor saya, seorang ibu dari anak yang berusia empat tahun dimana ketika akhir pekan tidak banyak kegiatan yang dikerjakan. Saya sarankan beliau untuk membuat blog, beliau bisa menuliskan pengalaman parenting-nya atau informasi bermanfaat lainnya yang bisa beliau bagikan kepada pembacanya.

Kalau saya memiliki akses internet gratis, tentunya sangat membantu saya untuk memandu ibu-ibu tersebut dan saya yakin informasi yang nantinya mereka bagikan itu akan sangat bermanfaat untuk orang lain. Mereka juga bisa mendapat informasi yang lain lagi dari sesama blogger. Saya ingin ibu-ibu tersebut menjadi agen Internet Sehat, di mana mereka yang sudah merasakan manfaat dari internet itu bisa menularkannya kepada ibu-ibu yang lain. Banyak hal positif yang mereka bisa bagikan dan dapatkan melalui jaringan internet. Semoga Indosat bisa membantu saya mewujudkan keinginan tersebut :)

Salam Internet,

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x