Mohon tunggu...
Vicky Laurentina
Vicky Laurentina Mohon Tunggu... Food blogger Indonesia

Saya melakukan food blogging di http://vickyfahmi.com.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Olahraga Saat Puasa, Ada Aturannya Lho

29 April 2021   20:06 Diperbarui: 29 April 2021   20:10 769 15 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Olahraga Saat Puasa, Ada Aturannya Lho
Gerakan stretching yang saya kerjakan di rumah-dokpri

Meskipun saya lagi puasa, tapi kebiasaan olahraga nggak saya hentikan. Hanya olahraga saat puasa itu memang ada aturannya.

Selama puasa, intensitas olahraganya saya kurangin. Dan jam olahraganya saya pindahkan, supaya nggak sampai bikin badan saya jadi melempem pasca olahraga.

Pro Kontra Olahraga Saat Puasa

Sebetulnya, sampai sekarang ahli-ahli itu masih banyak berdebat lho tentang boleh enggaknya olahraga ketika puasa.

Ada ahli yang bilang, olahraga itu bikin badan kita tetep sehat. Jadi selama puasa, jangan berhenti olahraga.

Tapi ada juga ahli lain yang bilang, olahraga ketika puasa malah bikin badan jadi remuk. Alasannya, puasa kan bikin dehidrasi. Dan olahraga itu sendiri juga bikin dehidrasi. Kalau puasa dan olahraga itu digabungin, jadinya dehidrasi kuadrat!

Dalam level yang lebih berat, keputusan membiarkan muslim untuk berolahraga sambil tetep berpuasa kadangkala bisa berujung pada perdebatan alot. Tahu nggak, atlet-atlet dari negara-negara Timur Tengah masih sering diskeptisin kalau lagi berlomba di kompetisi internasional ketika kompetisi itu digelar berbarengan dengan bulan Ramadhan. Katanya, kalau atlet itu dipaksakan berlomba padahal lagi puasa, nanti bisa kalah, gimana dong?

Tapi bukan itu yang saya mau ceritakan sekarang.

Tips Olahraga Saat Puasa

Buat menentukan olahraga saat puasa, saya biasanya perlu tahu tujuan saya berolahraga dulu. Dan perlu tahu bagaimana kebiasaan gaya hidup saya sehari-hari dalam beribadah (seperti apakah suka makan malam langsung sesudah sholat Maghrib? Atau lebih suka makan malam menunggu selesai sholat Tarawih?)

Karena itu akan menentukan olahraga yang saya pilih, dan timing untuk olahraganya juga.

Efek Olahraga terhadap Tubuh yang Puasa

Sebetulnya, tubuh manusia memang perlu nutrisi sepanjang 24 jam sehari. Dalam konteks puasa, supaya manusia bisa tetap berkegiatan normal, manusia perlu karbohidrat.

Olahraga pasti perlu energi. Energi ini diambil dari karbohidrat, bukan? Jadi, ketika siang hari lagi puasa malah berolahraga, maka cadangan karbohidrat akan dipakai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x