Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... Dosen - IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi

Edukator dan penulis #uajy

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Sulitnya Mencari Papan Nama "Harvard University"

29 September 2021   15:07 Diperbarui: 3 Oktober 2021   08:45 1457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Juli 2019 lalu saya berkesempatan mengikuti summer training di Harvard University, Cambridge, kota Boston, Massachusetts. By the way, saya baru ngeh kalau Harvard ada di Boston, dan di negara bagian MA, Massachusetts. 

Setahu saya dulu, universitas di Boston adalah Boston University. Hihi. Kalau kita tidak berkepentingan, pasti kita tidak merasa informasi ini penting, ya?

Singkat cerita, saya ingin mencari lokasi di kampus untuk berfoto. Sudah zamannya Instagram, jadi wajib mencari lokasi yang instagrammable. 

Namun tidak dinyana, saya agak kesusahan mencari papan nama bertuliskan Harvard University. Saya coba telusuri Google, juga ternyata hanya lambaian bendera dengan logo veritas saja.

Saat itu training saya berlokasi di Harvard Graduate School of Education (HGSE). Hanya ada banner kecil di foto atas itu yang saya temukan. 

Ternyata Harvard itu sangat luas. Bahkan Medical School yang terkenal itu ada di area lain dari area Cambridge. 

Harvard Law School tempat Obama dan Michelle kuliah pun ada di sisi lain dari gedung HGSE tempat saya training, dibatasi lapangan luas Cambridge Common.

Kampusnya Obama, dokpri
Kampusnya Obama, dokpri

Obama di 1990an, sumber: 3chicspolitico.com
Obama di 1990an, sumber: 3chicspolitico.com

Yang saya amati, toko suvenir atau merchandise Harvard cukup banyak. Ada tiga di seantero Cambridge. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun