Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... Dosen - IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi

Edukator dan penulis #uajy

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Perpanjangan STNK di DIY

6 Mei 2020   11:03 Diperbarui: 6 Mei 2020   12:35 1354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Samsat Pembantu, Kab Sleman | Dokpri

Awal Mei 2020 ini saya harus memperpanjang STNK motor saya. Setelah tanya sana-sini di Grup WA, bagaimana pengalaman teman-teman memperpanjang di suasana pandemi, dapat jawaban beragam, online atau tetap ke kantor samsat. Yang di Kantor Samsat Pembantu adalah langganan saya, buka seperti biasa. Tutup pukul 12.00.

Dokpri               
            googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
Dokpri googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-712092287234656005-411');});
Saya mencoba cara online. Ada yang menyarankan via aplikasi di atas itu atau via website. Informasi penting yang harus dimasukkan adalah plat nomor polisi dan nomor rangka lima digit terakhir. 

Ini sangat menguntungkan saat kita harus di rumah saja. Saya masih belum yakin jadi belum sempat coba. Pembayaran dilakukan di Bank BPD tertentu. 

Di Jogja di Bank BPD Godean dan Giwangan. Kebetulan saya juga harus ke Bank BPD untuk urus sesuatu, ternyata Bank BPD tutup pukul 13.00 dan antrian cukup panjang.

Akhirnya saya memutuskan tetap ke Kantor Samsat Pembantu Jl Adisucipto. Belum percaya diri untuk online.

Saya sampai di Kantor Samsat pukul 7.55. Orang sudah banyak yang duduk. Patut diacungi jempol, kantor ini mulai bekerja tepat waktu, pukil 7.58 jam saya sudah mulai proses dipanggil. Saya mendapat nomor antrian 44. Dan 40 menit kemudian STNK jadi dan sudah di tangan saya.

Kursi berjarak, Dokpri
Kursi berjarak, Dokpri

Garis batas polisi untuk jarak, Dokpri
Garis batas polisi untuk jarak, Dokpri

Bedanya dengan tahun lalu, saya melihat suasana pencegahan penyebaran virus covid-19 sungguh diberlakukan di Kantor Samsat ini. Kursi berjarak satu seat. Banyak petunjuk kesehatan pencegahan virus. Hand sanitizer disediakan. Sebelum masuk harus dicek suhu dan cuci tangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun