Mohon tunggu...
Utari Evy Cahyani
Utari Evy Cahyani Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pribadi yang menikmati drakor dan K-pop di kala senggang. Istri dan ibu yang menikmati berdiskusi dengan tiga anak pra remaja. Dosen yang memiliki minat di bidang Ekonomi Islam, khususnya manajemen, bisnis, dan kewirausahaan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Maqasid Syariah dan Ekonomi Sirkuler

12 Januari 2023   15:27 Diperbarui: 12 Januari 2023   15:55 680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sistem ekonomi saat ini disebut sistem linier yang didasarkan pada mekanisme pengambilan, pembuatan, dan pembuangan. Mekanisme ini didasarkan pada eksploitasi sumber daya alam yang sudah langka, menghasilkan produk manufaktur, dan produk yang dijual kepada konsumen. Setelah dikonsumsi, mereka diubah menjadi limbah. Hal ini menyebabkan peningkatan polusi dan kerusakan sumber daya serta ketidakmampuan untuk memenuhi permintaan global.

Paradigma produksi linier dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan konsumen, dengan efisiensi perusahaan dan keuntungan yang lebih tinggi sebagai tujuan utama. Di sisi lain, paradigma produksi linier ini menyebabkan meningkatnya limbah dan kelangkaan sumber daya. Sumber daya yang terbuang atau limbah ini tidak dapat diperbarui dan tidak dapat disimpan untuk generasi mendatang. Limbah juga menyebabkan produk mengakhiri siklus hidupnya setelah keluar dari pasar. Limbah tersebut juga berhubungan dengan material dan energi yang belum dipulihkan.

Populasi dunia meningkat di kota-kota, dan pada tahun 2050 jumlahnya akan sangat tinggi sehingga tidak dapat mempertahankan produksi saat ini. Paradigma ekonomi linier bertentangan dengan kecenderungan peningkatan populasi dan kebutuhan akan kebijakan serta alternatif baru. Alternatif untuk ekonomi linierpertama kali didefinisikan pada tahun 1849. 

Dorongan pertama diusulkan untuk mengolah kembali limbah. Perubahan tersebut terjadi dengan pendekatan efisiensi teknologi yang lebih berkelanjutan. Kesatuan kontribusi sosial-ekonomi merupakan faktor utama dalam pendekatan ekonomi sirkular. Metode baru ini dapat mengintervensi paradigma linier yang menghasilkan peningkatan limbah dan efek destruktif terhadap planet. Beberapa negara secara global, termasuk Dubai, memulai proses ekonomi sirkular yang mempertimbangkan batasan ekonomi, sosial, dan lingkungan dari ekonomi linier.

Pendekatan ekonomi sirkuler menghasilkan lima elemen kunci untuk pertimbangkan dalam mengembangkan model bisnis baru. Elemen pertama menyangkut rantai pasokan melingkar yang berfokus pada promosi bahan yang sepenuhnya terbarukan, dapat terurai secara hayati, dan dapat didaur ulang dengan siklus hidup yang lebih lama. 

Elemen kedua mempertimbangkan fase pemulihan dan daur ulang, yang membutuhkan nilai pemulihan dari produk akhir masa pakainya selama proses produksi. Ini menyangkut penciptaan fasilitas tanpa limbah di mana limbah diolah, didaur ulang, dan diubah menjadi energi. Elemen ketiga memberikan perhatian yang lebih besar terhadap perpanjangan masa pakai produk. Bahan diupayakan dapat digunakan selama mungkin, sehingga memungkinkan untuk mempertimbangkan pemborosan hanya ketika tidak mungkin lagi meningkatkan, memperbaiki, menjual kembali, atau mengolahnya kembali sebagai produk.

Elemen keempat yang terkait dengan model ekonomi sirkular adalah pengembangan platform berbagi. Komunikasi antara pemilik produk dengan perusahaan dan individu yang berniat untuk menggunakannya kembali. 

Perkembangan ini terkait dengan difusi dan penggunaan teknologi komunikatif tertentu. Jika kita mempertimbangkan siklus umur panjang suatu produk, menjual produk itu tidak cukup untuk menghasilkan keuntungan. Namun, kita juga harus mempertimbangkan elemen kelima dari model, bahkan kualitas dan daya tahan memungkinkan penggunaan kembali atau persewaan produk setelah selesai kegunaannya. 

Oleh karena itu, model baru mempertimbangkan nilai lingkungan, nilai ekonomi, dan nilai bisnis berdasarkan model ekonomi sirkular untuk menganalisis kebijakan yang diterapkan. Model baru dapat mendukung SDGs atau memandu beberapa tujuan yang diharapkan.

Sumber: https://unctad.org
Sumber: https://unctad.org

Maqasid Syariah dikenal sebagai dasar kebutuhan manusia yang terkait dengan ideologi Islam dan bersumber dari Al-Qur'an dan As-Sunnah. Chapra menyatakan bahwa respon kebutuhan melalui ideologi ini menjamin masyarakat yang lebih berkelanjutan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Al Ghazali mereformasi Maqasid al-Syariah ke dalam kategori menjadi lima tujuan yang menjadi dasar kebutuhan dan kepentingan manusia. Oleh karena itu, lima pilar fundamental dapat diidentifikasi dalam Nafs (diri manusia), Din (agama), Aqal (akal), Nasl (anak cucu), dan Mal (kekayaan). 

Agama memandu pekerjaan individu sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, memberdayakan pekerjaan individu. Diri manusia meningkatkan kemampuan individu untuk menafsirkan lebih berdasarkan pengetahuan yang lebih unggul; apa yang dianut dalam kitab suci dapat diambil dalam kehidupan sehari-hari. Keturunan adalah prinsip yang menurutnya perlu untuk menanggapi kebutuhan melalui peradaban, ini termasuk perkembangan moral, penghormatan terhadap hukum, keluarga perdamaian, kesehatan untuk mendapatkan dampak dari pekerjaan saat ini pada masyarakat dalam jangka panjang. Kekayaan ditekankan untuk meningkat individu dan komunitas; dengan kesehatan, adalah mungkin untuk mengurangi ketimpangan pendapatan melalui Zakat. Walth juga mengarah pada potensi perolehan pendidikan yang lebih baik, pengetahuan teknologi, dan efisiensi penelitian.

Oleh karena itu, maqasid syariah mempromosikan kesejahteraan jangka panjang sebagai dasar kesejahteraan manusia. Paradigma ekonomi linier saat ini berfokus pada kemakmuran ekonomi jangka pendek dengan memaksimalkan pertumbuhan. Aspek lain dari perlindungan lingkungan dan sosial pembangunan tidak diperhatikan. 

Oleh karena itu, standar ekonomi sirkular menyoroti bagaimana mempertimbangkan ideologi Islam Maqashid Syariah dapat diterapkan terutama di negara-negara Islam sebagai pengganti ekonomi linier. Bank Islam melalui Blended Murabahah mendukung sirkular ekonomi. Dalam struktur kontrak ini, pengusaha dapat menerima Qardh Hasan dimana badan usaha tersebut hanya perlu membayar kembali jumlah pokok. Maqasid syariah menemukan kapasitas untuk merespon Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun