Mohon tunggu...
Syaiful Anwar
Syaiful Anwar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen FEB Universitas Andalas Kampus Payakumbuh

Cara asik belajar ilmu ekonomi www.unand.ac.id- www.eb.unand.ac.id https://bio.link/institutquran

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pertumbuhan Populasi Dunia dan Tantangan Ekonomi Global

19 Mei 2024   19:51 Diperbarui: 19 Mei 2024   19:55 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hubungan Pertumbuhan Populasi dengan Tantangan Ekonomi Global

Pertumbuhan populasi adalah fenomena yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk ekonomi. Dalam konteks ekonomi global, pertumbuhan populasi dapat menjadi sumber tantangan yang signifikan. Disini Kita akan mengeksplorasi hubungan antara pertumbuhan populasi dengan tantangan ekonomi global dari berbagai sudut pandang.

Pertumbuhan Populasi sebagai Tantangan Ekonomi Global

Pertumbuhan populasi yang cepat di banyak negara berkembang telah menjadi perhatian utama dalam diskusi ekonomi global. Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), populasi dunia diperkirakan akan mencapai lebih dari 9 miliar pada tahun 2050, dengan sebagian besar pertumbuhan terjadi di negara-negara berkembang. Pertumbuhan populasi yang tinggi di negara-negara ini menciptakan tantangan ekonomi yang kompleks.

Permintaan dan Pasokan

Salah satu dampak langsung dari pertumbuhan populasi adalah peningkatan permintaan akan berbagai barang dan jasa. Permintaan yang lebih tinggi akan makanan, perumahan, layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur lainnya menghasilkan tekanan tambahan pada ekonomi global. Tantangan utama di sini adalah memastikan pasokan yang memadai untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat. Hal ini memerlukan investasi besar dalam sektor-sektor kunci seperti pertanian, industri, dan infrastruktur.

Tekanan pada Sumber Daya Alam

Pertumbuhan populasi yang cepat juga meningkatkan tekanan pada sumber daya alam. Permintaan yang meningkat untuk energi, air, dan bahan baku lainnya menyebabkan eksploitasi yang berlebihan terhadap lingkungan. Hal ini mengakibatkan degradasi lingkungan, kekurangan sumber daya, dan perubahan iklim, yang semuanya memiliki dampak negatif pada ekonomi global dalam jangka panjang.

Pergeseran Struktur Demografis

Selain itu, pertumbuhan populasi juga menghasilkan pergeseran dalam struktur demografis suatu negara. Peningkatan proporsi lansia dalam populasi, misalnya, menciptakan tekanan tambahan pada sistem pensiun dan layanan kesehatan. Di sisi lain, peningkatan jumlah populasi usia kerja menawarkan potensi untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat jika tenaga kerja tersebut diberdayakan secara efektif.

Kebijakan dan Solusi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun