Mohon tunggu...
Universitas BSI
Universitas BSI Mohon Tunggu... Lembaga Pendidikan

Akun resmi Universitas Bina Sarana Informatika

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Jitu Dapat Beasiswa Kuliah Pada Perguruan Tinggi Favorit

7 Juni 2021   13:12 Diperbarui: 7 Juni 2021   13:32 119 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Jitu Dapat Beasiswa Kuliah Pada Perguruan Tinggi Favorit
Sumber: Universitas BSI

Mendapatkan beasiswa kuliah merupakan salah satu kebanggaan tersendiri. Selain dapat mengurangi beban orang tua dalam pembiayaan, peluang untuk berkarir dengan lebih baik juga akan terbuka lebar. Beasiswa selalu identik dengan keistimewaan atau kelebihan yang dimiliki seseorang. Tak sedikit yang berharap dapat melanjutkan kuliah dengan jalur beasiswa. Karena meski terkadang sulit ditempuh, jalur beasiswa memiliki keistimewaan tersendiri dan menjadi suatu kebanggaan bagi yang menerimanya.

Jadi kebanggaan tersendiri, jika berhasil melanjutkan pendidikan dengan jalur beasiswa. Berikut beberapa persiapan yang dapat kamu lakukan untuk kuliah dengan jalur beasiswa:

1. Gali Informasi Beasiswa Sebanyak Mungkin

Saat ini banyak informasi beasiswa yang dapat diakses melalui media sosial perguruan tinggi. Sebagai contoh, jika kamu ingin masuk di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), maka kamu dapat ikuti informasi media sosial kampus Universitas BSI, untuk dapatkan informasi terbaru terkait PMB melalui jalur beasiswa. Selain informasi penerimaan mahasiswa, kamu juga harus mencari informasi tentang total beasiswa dan jangka waktu pembiayaan beasiswa. Rajin-rajinlah menggali informasi tentang beasiswa yang kamu cari. Jangan sampai kamu gagal hanya karena kamu kurang informasi.

2. Cerdik Melihat Peluang

Untuk mendapatkan beasiswa harus penuh dengan kesungguhan. Salah satu caranya dengan melihat berbagai macam peluang yang ada. Jika kampus favorit kamu sudah membuka beasiswa, maka segera kamu cari tahu syarat-syarat yang dibutuhkan. Saat ini, Universitas BSI sudah membuka beasiswa KIP, maka segeralah mengisi formulir pada link berikut. Silahkan baca info terkait. 

3. Hindari Rasa Malas, Banyak Berlatih dan Berdoa

Jenuh saat belajar pasti akan menjadi hal yang dilalui saat menempuh pendidikan. Inilah saatnya untuk selalu bangkit dan menghindari rasa malas. Jangan biarkan rasa malas menjadi hambatan dalam menyelesaikan pendidikan. Tuntaskan setiap tugas tepat waktu, jika bisa dikerjakan sekarang jangan tunggu esok hari. Rajin belajar, berlatih dan berdoa merupakan kunci sukses kamu raih beasiswa kuliah. Jangan merasa sudah ahli, sudah pintar lalu kamu lalai untuk kembali mengasah kemampuan kamu. Senantiasa perbaiki kualitas diri, perbaharui pengetahuan dan keterampilan kamu, sebagai bekal raih sukses di masa depan.

4.Buatlah Resume Kreatif dan Esai Yang Menarik

Salah satu yang biasanya dibutuhkan dalam pendaftaran beasiswa yakni resume dan karya tulis dalam bentuk esai. Hal ini dibutuhkan sebagai syarat adminisratif. Oleh karenanya kamu harus banyak belajar membuat resume yang kreatif dan esai yagn menarik. Karya tulis atau esai terkadang jadi hal krusial dalam cara mendapatkan beasiswa. Karena mampu dijadikan bahan penilaian diri kamu, layak atau tidak untuk mendapatkan beasiswa dari tempat atau lembaga atau perguruan tinggi yang mengeluarkan beasiswa.

5. Selalu Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN