Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UKM KWU Umsida) sukses menggelar dua ajang bergengsi, yakni Business Plan Competition (BPC) Tingkat Provinsi Jawa Timur dan Lomba Desain Maskot 2025.Â
Lihat juga: Jadi Wadah Enterpreneur Muda, UKM Kewirausahaan Umsida Gelar Workshop Industri Kreatif
Kedua kompetisi ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas serta jiwa inovatif di kalangan mahasiswa dan pelajar se-Jawa Timur, sekaligus memperkuat branding UKM KWU Umsida sebagai organisasi yang berorientasi pada pengembangan bisnis dan inovasi desain.
Business Plan Competition Tembus 80 Tim Peserta
Business Plan Competition (BPC) merupakan salah satu program unggulan Departemen Riset dan Teknologi UKM KWU Umsida.
Perlombaan ini bertujuan untuk menggali ide-ide bisnis inovatif yang dikemas dalam bentuk proposal serta mengasah kemampuan analisis dan presentasi peserta dalam dunia kewirausahaan.
"BPC ini sukses menarik perhatian lebih banyak peserta dibandingkan target awal. Kami menarget 60 peserta, tapi akhirnya pendaftar tembus di angka 80. Ini menjadi capaian yang luar biasa bagi kami," ujar Novia, Ketua Pelaksana BPC.
80 tim tersebut, imbuhnya, adalah para siswa SMA/ SMK/ MA/ Sederajat dan juga mahasiswa se-Jawa Timur.
Setelah melalui tahap seleksi ketat, terdapat empat tim terbaik berhasil masuk babak final, yakni dari Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, SMK Negeri 2 Buduran, dan MA Al-Muslimiyyun Lamongan.Â
Acara tersebut berlangsung pada Sabtu, (25/01/2025) melalui Zoom Meeting, dengan masing-masing tim diberikan waktu 25 menit untuk presentasi dan 30 menit sesi tanya jawab bersama dewan juri.