Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

#KalahkanJarak untuk Bekerja, Melepas Rindu dan Menolong Sesama Tanpa Batas

15 Juli 2020   06:24 Diperbarui: 15 Juli 2020   06:13 159 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
#KalahkanJarak untuk Bekerja, Melepas Rindu dan Menolong Sesama Tanpa Batas
by.ulihape

#KalahkanJarak Bekerja, Melepas Rindu dan Menolong Sesama Tanpa Batas

Bicara #KalahkanJarak bersama Jaringan 3 Indonesia kali ini aku mau share dalam arti sebenarnya, kalau sebelumnya aku bercerita tentang bagaimana aku bisa menghasilkan cuan lewat kuota Tri nah kali ini meski gak ada cuan tapi kebahagiaan yang diberikan justru tak bisa dinilai dengan uang.

Pandemi Covid-19 bukan hanya membuat banyak orang lemah secara ekonomi, keberadaan Covid-19 membuat kita menahan Langkah untuk bertemu. Sedihnya lagi pandemi ini datang sebulan menjelang Ramadan, jangankan untuk ngobrolin mudik sekedar melakukan shalat tarawih berjamaah saja gak bisa.

Semua jadi terasa berbeda, Ramadan kali ini tak ada semangat buka Bersama, gak ada semangat membahas baju baru, gak ada obrolan hunting tiket mudik, gak ada lagi acara reuni yang kerap berbarengan halal bil hahal dan pastinya gak ada lagi silaturahmi disaat hari nan fitri.

#KalahkanJarak Jakarta - Meulaboh ,  Urusan Pekerjaan Lancar Menggunakan Jaringan 3 Indonesia

Ambyar! Apalagi Ketika Provinsi DKI Jakarta memberlakukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) banyak perusahaan yang tak bisa beroperasional. Aku bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Kegiatan operasional gak mungkin berhenti, ada ribuan tenaga kerja di site (Meulaboh -- Aceh) dan ada ribuan hektar tanaman sawit yang harus di panen, ditambah lagi saat itu titik hot spot sudah banyak sehingga kekhawatiran akan terjadinya kebakaran hutan sangat besar, sehingga kami harus tetap beroperasional demi keberlanjutan perusahaan.

Namun perusahaan harus mematuhi peraturan, karena itu akhirnya kantor holding di Jakarta menjalankan WFH. Owner sempat khawatir WFH tak akan berjalan efektif, bagaimana komunikasi ke site untuk mengatur kerjanya pemanen dan operasional pabrik kami. Namun setelah dijalankan akhirnya kami menemukan pola untuk mengatur pekerjaan dari jarak jauh.

Salah satu faktor penentu keberhasilan bekerja jarak jauh adalah kekuatan internet dan tentunya tanpa batas. Sebagai team Agronomi maka departemen kami adalah departemen yang paling menentukan berjalannya operasional di site. Untunglah jauh sebelum pandemi ini aku sudah menggunakan jaringan tri Indonesia sebagai solusi berinternet tanpa batas. Setiap pagi aku harus mengevaluasi hasil panen dengan melakukan zoom meeting selama 2 jam di pagi dan sore hari. Keluhan beberapa orang tentang kuota mulai terdengar dan aku santuy saja karena dengan tri selalu banjir kuota dan produk AlwaysON yang memastikan aku bisa dijangkau kapan saja oleh rekan di site. Kalau provider lain menghabiskan banyak kuota untuk melakukan zoom meeting, dengan tri aku hanya menghabiskan sekitar 0,8GB untuk 4 jam meeting.

Alhamdulillah urusan pekerjaan berjalan dengan baik, aku mampu #KalahkanJarak Jakarta -- Meulaboh tanpa batas tanpa deg-degan hanya karena urusan kuota. Dan anehnya dengan WFH entah mengapa banyak pekerjaan bisa berjalan dengan lebih cepat dibanding saat bekerja normal. WFH membuat kami menyadari bahwa selama ini banyak wasting time buat hal yang gak penting, saat di kantor ada banyak remeh temeh yang mengganggu aktivitasku, misal ketika mengevaluasi data eh si bos memanggil ke ruangan untuk berdiskusi akhirnya evaluasi data tertunda. Dengan WFH semua tetap berjalan namun bisa berbarengan, rapat sambil membuat laporan bisa dijalankan berbarengan, evaluasi data sambil menjawab tanya pak direktur juga bisa aku lakukan. Pandemi Covid-19 mampu melihatkan hal-hal baik yang terlewatkan dalam keadaan normal.

#KalahkanJarak Melepas Rindu Kumpul Keluarga dan Reuni

Sampai hari ini ada rasa rindu untuk bertemu dengan mamak papa tercinta namun demi kebaikan bersama kami menahan diri untuk bertemu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN