Mohon tunggu...
Uli Hartati
Uli Hartati Mohon Tunggu... Blogger

A wife, mommy of 2 boys, working mom also as a blogger Contact me : WA 089627103287 Email uli.hartati@yahoo.com Blog http://ulihape.com IG dan Twitter @ulihape

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

7 Cara Menghasilkan Uang di Kompasiana

6 Maret 2018   14:08 Diperbarui: 6 Maret 2018   14:10 0 19 7 Mohon Tunggu...
7 Cara Menghasilkan Uang di Kompasiana
Sumber kompasiana.com

Banyak orang berpikir Kompasiana itu enggak ada duit nya. Dalam artian enggak pernah ngasih job berbayar (paid post)  ke member nya. "Palingan acaranya ya cuman kongkow-kongkow aja, kalaupun ada hadiah nya yang menang mah cuman orang-orang yang dekat dengan admin", itulah beberapa komentar orang-orang yang tidak tertarik dengan kompasiana. 

Benar saja sih kalau ada event orang nya itu lagi, itu lagi. Lu menang melulu ya ! padahal itu ya karena yang ikut lomba cuman dia-dia-dia aja,  jadi bukan karena dekat sama admin sih, lah aku kan lumayan sering menang lomba di Kompasiana dan jujur aku sih enggak pernah dekat sama admin, kalau admin kenal aku ya wajar lah wong aku nulis di K sudah sejak 2009 ya kan ?

Lalu kemarin aku sengaja menulis masukan (eh masukan apa protes ya?) bahwa di Kompasiana itu ada banyak cara buat blogger untuk dapetin uang, isinya sebagian adalah keberatan ku tentang lambatnya pembayaran di Kompasiana. Dan respon artikel itu lumayan bagus, komentar yang mampir semua bilang akan mengaktifkan kembali akun mereka di kompasiana, bahkan ada yang inbox untuk menanyakan kebenaran apa yang aku tuliskan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Nah aku mau kasih info buat kalian yang tertarik menghasilkan rupiah dari tulisan maka ada banyak cara di Kompasiana untuk menghasilkan uang, check it out ya :
  • Executive writer, kalau kalian penulis aktif dan terverifikasi alias centang biru maka tunggulah kesempatan ini, admin biasanya akan menelpon langsung untuk job istimewa ini. Klien nya juga perusahaan ternama lah, fee nya bisa dibilang lumayan, 1 mio up lah
  • Monthly Reward, nah ini kamu harus aktif deh di platform kompasiana, namanya juga rewardtentu untuk menghargai kompasinaer yang aktif dong, karena enggak semua kompasianer itu mau aktif, contohnya aku hehe. Ada beberapa kategori kalau enggak salah :  kompasianer teraktif, kompasiana terpopuler, karya fiksi terbaik dan artikel terbaik. Intinya kalian bisa mendapatkan 500K dari setiap kategori reward yang ada.
  • Kompasiana Content Affiliation (KCA), ini merupakan project kompasiana dengan klien mereka, mirip lah dengan post paid di komunitas blogger. Namun di komunitas blogger mungkin bayaran kita sama dengan yang lainnya, kalau di KCA artikel di bayar berdasarkan page view dan lumayan tinggi loh per view di bandrol 300 rupiah, selengkapnya bisa baca curhatan ku disini ya 
    dokpri : pendapatan ku dari KCA
    dokpri : pendapatan ku dari KCA
  • K-Rewards, ini adalah yang terbaru jadi artikel kalian di kompasiana akan diberi reward lagi, asal sudah mencapai 5000 view secara google analytic maka akan ada rupiah nya, enggak perlu tulisan baru kok, detail nya ada disini
  • Nangkring, acara ini rutin diadakan Kompasiana, biasanya selain goodie bag yang berkualitas haha acara ini ada kuis, dan kompetisi sosial media yang bisa berhadiahkan uang tunai, voucher atau barang, intinya semua di lempar bisa jadi uang kok asal ngelemparnya ke yang pas ya hehe jadi sering-sering lah membuka kompasiana untuk mendapatkan informasi jadwal nangkring, karena bisa lebih dari sekali loh dalam sebulan
  • Blogcompetition, sudah jelas lah ya banyak lomba di Kompasiana dan hadiah nya biasanya lumayan, ada yang pernah motor loh, aku tunggu yang hadiah mobil baru ikutan deh hehe.
  • Visit, kegiatan ini enggak sering tapi selalu ada uang saku yang lumayan lah buat ukuran dompet emak-emak macam aku.

Syaratnya apa li ? Syaratnya mudah saja sih kalian harus punya akun kompasiana, setelah punya akun lengkapi data dirikalian dengan mengisi data pribadi. Untuk mendapat kesempatan diatas kalian harus pastikan akun kompasiana kalian sudah tervalidasi alias centang hijau, untuk bisa di validasi maka kalian harus melampirkan scan KTP kalian pada bagian data pribadi dan kalau pengen dapat executive writer kalian harus terverifikasi alias centang biru. Selain sudah valid maka kalian harus rajin menulis konten yang berkualitas. 

Aku punya centang biru pada tahun 2016, bayangkan sejak tahun 2009 jadi kompasianer tujuh tahun lamanya baru centnag biru haha, itu karena aku jarang menulis satu tema dan aku akui aku baru rajin update tentang parenting di tahun 2016, sepertinya 4 bulan aku rajin update langsung deh centang biru. Nah kalian enggak usah nunggu selama itu ya.

Khusus K-rewards pembayarannya melalui e-money Mandiri, jadi pastikan kalian punya ya. Semua data bank dan data e-money kita daftarkan di data pribadi kita di akun kompasiana.

Gimana? Tertarik ? Tinggal nulis aja di kompasiana ..

KONTEN MENARIK LAINNYA
x