Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Membukukan Karya Tulis di Kompasiana

1 Maret 2024   20:28 Diperbarui: 2 Maret 2024   04:18 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengapa Tidak?

Setiap Penulis,menurut pendapat pribadi saya, memiliki impian bahwa suatu waktu karya tulis nya dapat diabadikan dalam bentuk buku. Tapi antara impian dan terwujudnya impian tersebut ada tantangan yang harus ditaklukkan. 

Antara lain:

mempersiapkan naskah tulisan

mau diterbitkan dipercetakan mana

mungkin juga mengenai biaya penerbitan

Kalau sudah jadi buku ,mau dikemanakan?

dan seterusnya

Secara tersirat sesungguhnya sudah saya motivasi dengan mengajak 150 Kompasianer untuk menulis. Dan semua artikel dicetak seperti gambar diatas. Penerbitan buku ini sama sekali tidak bermaksud untuk mencari keuntungan. Untuk membuktikannya, sahabat Penulis di kompasiana cukup mengirimkan artikel dan setelah siap cetak buku dikirimkan kealamat masing masing tanpa dipungut biaya apapun.

Tujuannya adalah semata mata untuk memberikan inspirasi dan sekaligus memotivasi para Penulis untuk menerbitkan karya tulis masing masing.

Dokumentasi pribadi 
Dokumentasi pribadi 

Buku Menjadi Warisan Bagi Anak Cucu

Seperti yang sudah pernah saya tuliskan Karya Tulis saya pernah menjadi National Best Sellers versi Elekmedia Komputindo di jakarta.

Seperti kata peribahasa:" A thousand miles of a journey begin with the first step" Sejauh apapun rencana kita untuk melakukan perjalanan panjang, selalu harus diawali dengan langkah pertama. Tanpa melangkah maka kita adalah ibarat oi orang jalan ditempat

Kalau sudah membangun niat untuk mengabadikan karya tulis kita dalam bentuk buku, maka hal ini sekaligus memotivasi kita agar janganlah menulis seperti Sopir angkot kejar Setoran. Pokoknya tulis sebanyak banyak nya tanpa peduli tentang hasil tulisan kita . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun