Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Monetisasi Artikel Anda di K-Rewards dan Dapatkan Rupiahnya!

14 Februari 2018   15:50 Diperbarui: 12 Maret 2018   15:47 6341 47 81
Monetisasi Artikel Anda di K-Rewards dan Dapatkan Rupiahnya!
K-Rewards, Monetisasi Artikel Anda dan Dapatkan Rupiahnya

"Apa yang Anda dapatkan ketika menulis di Kompasiana?"

Pertanyaan ini kerap kali hinggap di benak Kompasianer ketika menulis dan berinteraksi ataupun sebelum memutuskan untuk bergabung di Kompasiana. Sebagai pengelola, kami pun mendapatkan pertanyaan serupa saat hendak mengajak orang untuk bergabung dan berinteraksi.

Selain mendapatkan keuntungan pertemanan dan ruang aktualisasi diri gratis, Kompasiana sejak dua tahun lalu tengah mengembangkan beragam loyalty program sebagai langkah apresiasi kepada penggunanya.

Monthly Rewards dan Kompasiana Content Affiliation (KCA) adalah dua dari sederet loyalty program yang sudah kami rilis. Ada beberapa program lagi yang akan kami kenalkan secara bertahap. Salah satunya adalah K-Rewards, sebuah program persembahan Kompasiana untuk Anda!

Melalui program ini, tiap viewers yang Anda peroleh pada periode program akan dikonversi menjadi rupiah. Program perdana akan berjalan selama kurang lebih 30 hari, mulai dari pertengahan Februari hingga Maret 2018. (Baca: Siap-siap, K-Rewards Akan Segera Dimulai)

Berikut syarat dan ketentuannya:

  • Seluruh total views akan dihitung berdasarkan sistem validasi Google Analytics
  • Kompasianer yang akan mendapatkan K-rewards, hanya yang mampu meraih minimal 5.000 total views dari seluruh artikel yang telah ditayangkan (artikel lama maupun artikel baru) pada periode yang sudah ditentukan. 

Misalnya, artikel yang Anda tayangkan di hari, bulan atau tahun sebelumnya dan mendapatkan views ketika program ini berlangsung juga dapat dikonversi menjadi rupiah. TIdak harus artikel baru. Tetapi ingat, yang kami hitung adalah views yang didapatkan sepanjang periode program berlangsung.

  • Akun Kompasiana wajib tervalidasi (verifikasi hijau)
  • Memiliki akun/nomor Mandiri e-Cash
  • Pengumuman hasil pendapatan akan diumumkan 7 hari kerja setelah periode berakhir
  • Perhitungan harga per total views dibuat menggunakan metode tertentu yang nilainya dapat berbeda antara satu periode dengan periode berikutnya

Pada saat periode berjalan, kami sarankan untuk produksi artikel sebanyak mungkin dan sebar seluas-luasnya seluruh artikel Anda di media sosial sejak artikel ini ditayangkan, agar lebih membuka peluang untuk meraih batas minimal yang sudah ditentukan.

Sistem Pengiriman Dana Melalui Mandiri e-Cash

Pengiriman (transfer) pendapatan rupiah tiap Kompasianer akan diproses 7 hari kerja sejak pengumuman ditayangkan dengan menggunakan sistem Mandiri e-Cash agar dapat dikirim secara serentak. Hal ini demi mengantisipasi keterlambatan pengiriman hadiah yang seringkali dialami Kompasianer.

Oleh karena itu, kami menghimbau kepada seluruh Kompasianer untuk melengkapi satu kolom isian nomor telepon di laman pengaturan profil yang telah berhasil didaftarkan sebagai akun di Mandiri e-cash. 

Jika Anda tidak melengkapi kolom tersebut hingga 7 hari setelah periode berakhir, dana tidak akan kami kirim. Begini caranya:

Masuk ke laman profil Anda >> pilih menu "pengaturan" >> klik submenu "data pribadi"  >> klik "edit" >> masukkan nomor mandiri eCash Anda >> klik "simpan" di bagian paling bawah

Seluruh nomor telepon yang didaftarkan sebagai akun Mandiri e-cash kami sarankan sudah terregistrasi di Mandiri, karena jika nomor e-cash Anda masih unregistered, Anda hanya akan menerima dana maksimal 1 juta rupiah. Apabila sistem menolak jumlah dana yang akan ditransfer, kami tidak dapat melakukan pengiriman kembali.

Berikut perbedaan Mandiri e-Cash unregistered dan yang registered.

Perbedaan akun Mandiri e-cash
Perbedaan akun Mandiri e-cash
Jadi, kami sarankan segera untuk lakukan registrasi nomor telepon yang telah didaftarkan Mandiri e-cash. Bagi yang sedikit bingung, bagaimana jika tidak memiliki rekening Mandiri. Jawabannya, Mandiri e-cash dapat dimiliki walaupun tidak memiliki rekening Mandiri. 

Berikut beberapa cara untuk melakukan registrasi nomor Mandiri e-cash Anda.

Metode registrasi akun e-cash
Metode registrasi akun e-cash
Untuk informasi lengkap, fitur hingga kelebihan lainnya dari Mandiri e-cash, Anda dapat simak selengkapnya melalui ecash.bankmandiri.co.id.

Selamat mengeksplorasi, Kompasianer!

Infografis
Infografis