Karir

Menelisik Perilaku Seorang Pemimpin

5 Juli 2018   23:01 Diperbarui: 5 Juli 2018   23:13 377 0 0
Menelisik Perilaku Seorang Pemimpin
Sumber: incarabia.com

Terdapat banyak pemimpin di berbagai macam bidang di dunia ini. Tentunya masing-masing pemimpin memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Gaya kepemimpinan juga ditentukan dengan bidang pekerjaan masing-masing. 

Gaya kepemimpinan seseorang tercerminkan dari bagaimana sifat dan perilaku seorang individu dalam melakukan pekerjaan dan bagaimana seorang individu memperlakukan bawahannya.

Sikap dan gaya kepemimpinan itu tampak dalam kegiatan sehari-hari, dalam hal bagaimana cara pemimpin itu memberi perintah, membagi tugas dan wewenangnya, cara berkomunikasi, cara mendorong semangat kerja bawahan, cara memberi bimbingan dan pengawasan, cara membina disiplin kerja bawahan, cara menyelenggarakan dan memimpin rapat anggota, cara mengambil keputusan dan sebagainya. 

Terdapat sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan yang menemukan dua tipe perilaku kepemimpinan. Yang pertama. pemimpin yang memiliki perilaku employee-centered yang merupakan perilaku kepemimpinan yang menampilkan fokus pada kebutuhan manusiawi bawahannya. Pemimpin yang memiliki perilaku employee-centered menunjukkan dukungan bawahan mereka, memfasilitasi interaksi positif di antara para pengikut dan berusaha untuk meminimalkan konflik.

Yang kedua, pemimpin yang memiliki perilaku job-oriented yaitu perilaku kepemimpinan di mana pemimpin mengarahkan kegiatan menuju efisiensi, pemotongan biaya, dan penjadwalan dengan penekanan pada tujuan dan fasilitasi kerja. 

Pemimpin yang memiliki perilaku ini mengarahkan kegiatan menuju penjadwalan, menyelesaikan tugas, dan mencapai efisiensi. Penekanan tujuan dan fasilitasi kerja adalah dimensi dari perilaku kepemimpinan ini.

Lantas perilaku apa yang efektif untuk seorang pemimpin? Tentunya kedua perilaku itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun apabila ditelisik dengan Theory of a "High-High" Leader dapat disimpulkan bahwa perilaku seorang pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang mampu menyeimbangkan orientasi pekerjaannya sekaligus orientasi terhadap bawahannya. 

Sehingga tak hanya hasil pekerjaan yang berhasil dicapai tetapi juga sekaligus membangun lingkungan kerja yang kondusif dan sehat. Dari penjelasan di atas, perilaku pemimpin seperti apa yang cocok dan efektif untuk kalian? Silakan beri tanggapanmu di kolom komentar! Cheers!

Sumber: Daft, Richard L. 2015. The Leadership Experience 6th Ed. Stamford: Cengage Learning.