Mohon tunggu...
DHD Farm Indonesia
DHD Farm Indonesia Mohon Tunggu... Budidaya Lele Organik Sistem Kemitraan yang Saling Menguntungkan

Usaha budidaya lele biofloc https://www.facebook.com/pengusahalelecerdas

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Nutrisi dan Kesehatan Ikan Budidaya

31 Januari 2019   14:11 Diperbarui: 31 Januari 2019   14:29 229 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam industri budidaya ikan yang berkembang selalu ada tantangan baru terkait kesehatan dan penyakit ikan. Di Norwegia, vaksin yang efektif telah dikembangkan untuk banyak penyakit yang memengaruhi salmon Atlantik, sehingga membatasi penyebaran penyakit ini. 

Namun demikian, penyakit dan masalah kesehatan menyebabkan kerugian besar setiap tahun. Akuakultur telah mengalami perkembangan pesat, dan pertumbuhan ikan telah meningkat secara signifikan dalam dekade terakhir. 

Hal ini menimbulkan pertanyaan baru mengenai kesehatan dan kesejahteraan ikan. Beberapa penyakit dan gangguan terkait produksi telah terbukti dapat dicegah dengan nutrisi yang benar.

Bahan Pakan Alternatif - Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Kesehatan?

Sejumlah besar percobaan telah menunjukkan bahwa asupan minyak nabati yang relatif tinggi di bawah kondisi produksi normal tidak mempengaruhi pertumbuhan dan pemanfaatan pakan ikan salmon sampai tingkat tertentu. 

Namun, masih banyak penelitian yang harus dilakukan pada jumlah dan lamanya ikan dapat diberi makan berbagai jenis minyak nabati tanpa konsekuensi negatif pada kesehatan ikan, terutama dalam kondisi suboptimal seperti kondisi pertanian yang berfluktuasi, stres dan kesehatan yang buruk. 

Eksperimen dengan salmon Atlantik telah menunjukkan bahwa perubahan substansial dalam komposisi asam lemak dapat mempengaruhi sistem kekebalan dengan memengaruhi kapasitas fagositosis makrofag dan produksi zat-zat sinyal (eikosanoid). 

Efek ini sangat jelas pada suhu air rendah (5 C). Juga telah terbukti bahwa salmon yang tumbuh cepat yang hanya diberi minyak nabati dalam pakannya (dengan tepung ikan sebagai sumber protein) memiliki frekuensi katarak yang lebih tinggi. 

Tingkat lemak yang tinggi dalam darah telah terbukti menjadi faktor risiko serius bagi perkembangan penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup pada manusia, misalnya penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. 

Tidak pasti apakah ini merupakan faktor risiko pada ikan juga. Eksperimen telah menunjukkan bahwa sekresi lipoprotein dari sel-sel hati secara signifikan lebih tinggi pada ikan salmon yang diberi makan dengan minyak sayur daripada pada ikan salmon yang diberi minyak ikan.

Sedikit yang diketahui tentang apakah komposisi asam lemak dalam pakan dapat mempengaruhi perkembangan penyakit kardiovaskular pada ikan salmon. Satu percobaan menyelidiki efek jangka pendek dari mengganti minyak laut dengan minyak nabati pada aterosklerosis di salmon Atlantik. 

Melihat hasil percobaan ini, kemungkinan bahwa perubahan komposisi asam lemak dalam pakan ikan dapat mempengaruhi perkembangan gangguan tersebut tidak dapat dikesampingkan, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum kesimpulan dapat diambil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x